Sukses


Ciri-Ciri Wirausaha Sukses yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa inovasi, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Wirausaha berasal dari kata 'wira' dan 'usaha'. Wira dapat diartikan sebagai kesatria, pejuang, pahlawan, atau gagah berani. Sedangkan usaha adalah bekerja atau melakukan sesuatu.

Perlu diketahui, istilah wirausaha merupakan padanan kata dari entrepreneurship dalam bahasa Inggris. Kata entrepreneurship berawal dari bahasa Prancis, yaitu entreprende, yang berarti petualang, pencipta, dan pengelola usaha.

Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk melewati dan mengatasi satu kegagalan ke kegagalan lain tanpa kehilangan semangat.

Wirausaha yang sukses dalam mengembangkan bisnisnya mempunyai ciri-ciri tertentu. Apa saja ciri-ciri wirausaha yang sukses?

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri wirausaha yang sukses, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (10/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Motif Berprestasi Tinggi

Ciri-ciri wirausaha yang sukses adalaah memiliki orientasi pada hasil. Setiap wirausaha dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk membangun usahanya.

Setiap wirausaha harus bisa mengatasi beragam rintangan dari dalam diri sendiri, seperti malas dan mudah menyerah. Seorang wirausaha juga selalu berprinsip bahwa apa yang dilakukan harus optimal agar mendapat hasil yang maksimal.

Hal itu berarti, orang yang berwirausaha melakukan sesuatu secara tidak asal-asalan, sekalipun hal tersebut dapat dilakukan oleh orang lain.

Nilai dan prestasi merupakan hal yang membedakan antara hasil karyanya sebagai seorang wirausaha dengan orang lain yang tidak memiliki jiwa berwirausaha.

3 dari 6 halaman

Perspektif ke Depan

Arah pandangan wirausaha yang sukses selalu berorientasi ke masa depan. Keberhasilan atau kegagalan seorang wirausaha dapat dilihat dari aspek perspektif ke depan.

Sukses adalah sebuah proses bukan tujuan. Jadi, apa yang diusahakan, diidam-idamkan, diimpikan, diinginkan, dan dicita-citakan harus memenuhi syarat sebagai berikut:

a. Spesifik, hal ini berarti harus jelas dan spesifik seperti apa hal yang ingin diwujudkan.

b. Terukur, artinya harus terukur atau dapat dihitung besarannya, berapa banyak, dan berapa besar.

c. Tercapai, artinya harus dapat dicapai, jangan mengangan-angankan sesuatu yang tidak mungkin dicapai dengan kemampuan.

d. Berbasis realita, hal ini berarti berdasarkan pada realitas yang ada, harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada, baik kemampuan maupun tuntutannya saat ini.

e. Frame waktu, artinya memiliki jangka waktu tertentu, misalnya berapa lama, dan kapan harus tercapai, semua kegiatan harus ada jangka waktu hingga pencapaian waktunya.

4 dari 6 halaman

Kreativitas Tinggi

Seorang wirausaha umumnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih tinggi daripada non wirausaha. Hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain sudah terpikirkan olehnya.

Seorang wirausaha mampu membuat hasil inovasinya menjadi permintaan.

Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi biasanya selalu berimajinasi, bermimpi bagaimana menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya.

Kreativitas tersebut juga membantu dalam menghasilkan solusi baru untuk masalah yang dihadapi dan memungkinkan seseorang untuk memikirkan solusi yang out of the box.

5 dari 6 halaman

Perilaku Inovasi Tinggi

Seorang wirausaha harus segera menerjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnis.

Inovasi adalah kreativitas yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplimentasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang kita miliki.

Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada.

Jadi, untuk senantiasa dapat berinovasi, perlu adanya kecaerdasan dan kreativitas.

6 dari 6 halaman

Tanggung Jawab

Ide dan perilaku seorang wirausaha tidak terlepas dari tuntutan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab.

Indikator atau ciri-ciri orang yang bertanggung jawab, yakni:

  • Berdisiplin
  • Penuh Komitmen
  • Bersungguh-sungguh
  • Tidak suka bohong (jujur)
  • Berdedikasi tinggi
  • Konsisten
  • Selalu mencari peluang

Mencari peluang tidak berarti peluang sudah ada, tetapi seorang wirausaha harus menciptakan sendiri peluang. Caranya dengan menciptakan sesuatu yang berbeda dan sesuatu yang lebih bermanfaat serta mudah digunakan.

Untuk itulah, ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa berkembang. Setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan adalah bagian dari proses alami untuk membantu dalam belajar, berubah, dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer