Sukses


7 Manfaat Mengonsumsi Cokelat untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap sehat di masa kehamilan menjadi hal wajib yang harus selalu diperhatikan oleh ibu hamil.

Banyak hal yang harus dihindari agar kesehatan kehamilan tetap terjaga dan jauh dari gangguan, mengonsumsi makanan sehat pun harus dilakukan secara rutin setiap hari.

Satu di antara makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah cokelat. Cokelat menyimpan banyak manfaat untuk ibu hamil.

Cokelat memiliki rasa khas, yang membuat siapa pun menyukai makanan yang satu ini. Hasil olahan dari biji kakao ini bahkan merupakan makanan favorit banyak orang, tidak terkecuali ibu hamil.

Beberapa kalangan mempertanyakan apakah cokelat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Cokelat tidak akan memberikan efek buruk kepada ibu hamil dan janinnya asal dikonsumsi dengan porsi yang pas.

Cokelat yang dikonsumsi juga tidak bisa sembarangan, jauh cokelat yang banyak mengandung bahan campuran, dan pilih cokelat hitam.

Cokelat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah cokelat hitam (dark chocolate). Sebab, cokelat hitam banyak mengandung flavanol. Makin pekat warna cokelat tersebut, makin banyak pula kandungan flavanol di dalamnya.

Berikut tujuh manfaat mengonsumsi cokelat untuk ibu hamil, yang penting Anda ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (10/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Konsumsi Cokelat untuk Ibu Hamil

1. Menunjang Tumbuh Kembang Janin

Pregnancy Meeting of The Society for Maternal Fetal Medicine mengatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi cokelat sebanyak 30 gram setiap hari akan memiliki janin dengan tumbuh kembang yang optimal.

Penelitian lain juga menyebutkan, ketika dilihat melalui pemeriksaan USG, aliran darah janin ditemukan mengalami peningkatan saat ibu hamil mengonsumsi cokelat dalam jumlah cukup setiap hari.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Pembuluh Darah

Cokelat mengandung senyawa flavanol, yaitu sejenis antioksidan flavonoid yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Flavanol juga ditemukan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Konsumsi Cokelat untuk Ibu Hamil

3. Membantu Menurunkan Risiko Terjadinya Preeklampsia 

Mengonsumsi cokelat selama kehamilan juga sering dihubungkan dengan penurunan risiko hipertensi gestasional (penyakit darah tinggi pada kehamilan) dan preeklamsia.

Umumnya, pada trimester pertama dan ketiga, seorang ibu hamil rentan mengalami perubahan yang signifikan terhadap tekanan darahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan di Yale, Amerika Serikat, wanita hamil yang mengonsumsi cokelat rutin sebanyak 1–3 sajian per minggu memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk mengalami hipertensi dan preeklamsia.

4. Mencegah Anemia Selama Kehamilan

Cokelat kaya kandungan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan natrium. Kombinasi zat gizi tersebut baik untuk menunjang tumbuh kembang janin, juga mencegah sang ibu untuk mengalami anemia (kekurangan darah) selama kehamilan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Konsumsi Cokelat untuk Ibu Hamil

5. Kaya Antioksidan  

Cokelat merupakan makanan yang kaya antioksidan, tidak kalah dengan buah seperti bluberi. Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, satu di antaranya memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya berbagai proses peradangan.

Konsumsi cokelat selama hamil dapat membantu Anda mendapat pasokan antioksidan yang baik selama kehamilan.

6. Memperbaiki Suasana Hati Ibu Hamil

Cokelat dapat meningkatkan endorfin, yang merupakan hormon bahagia. Kandungan magnesium di dalam cokelat juga turut membantu ibu hamil untuk merasa lebih rileks dan nyaman.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/12/2020)

Yuk, baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer