Sukses


Cara Mengembangkan Bisnis secara Efektif dan Optimal

Bola.com, Jakarta - Saat ini, menekuni dunia bisnis dan menjadi pengusaha merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Wajar banyak orang memilih untuk terjun di dunia bisnis demi bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Namun, dalam berbisnis dibutuhkan tekad yang kuat dan keberanian. Beragam tantangan dan risiko bakal dijumpai saat memutuskan terjun ke dunia bisnis.

Tekad yang kuat dan semangat pantang menyerah perlu ditanamkan dalam diri setiap orang yang ingin sukses dalam berbisnis. Dengan semangat, niat, dan keyakinan serta komitmen yang gigih, bisnis yang kamu miliki akan berjalan dengan lancar.

Selain tekad dan semangat tinggi, perlu adanya strategi dalam berbisnis. Hal tersebut diperlukan agar bisnis yang dijalankan bisa sukses dan berkembang.

Itulah mengapa, orang yang akan terjun di dunia bisnis harus menyusun strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis.

Berikut ini rangkuman tentang cara mengembangkan bisnis secara efektif dan optimal, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Minggu (12/12/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengembangkan Bisnis

1. Fokus pada Satu Produk

Untuk bisa mengembangkan bisnis secara optimal sebisa mungkin fokus pada satu produk atau jasa. Setelah itu lakukan tindakan untuk meningkatkan penjualan.

Memang terkadang ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multiproduk atau multijasa demi memenuhi kebutuhan pasar. Namun, hal tersebut terkadang berisiko gagal terhadap satu di antara bisnis atau bisa juga semuanya.

Maka itu, fokus pada satu produk terlebih dahulu hingga benar-benar berhasil. Jika produk atau jasa pertama sudah sukses, bisa mencoba merambah produk atau jasa lain.

2. Kembangkan Produk

Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk yang ada terbukti mengundang banyak pembeli, jangan lupa untuk mengambil peluang dari produk lain yang relevan.

Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tetapi juga akan menjadi daya tarik bagi pembeli retail yang bertipe suka mengonsumsi produk yang beragam, namun masih satu lini.

3 dari 5 halaman

Cara Mengembangkan Bisnis

3. Tingkatkan Penjualan

Cari cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk Anda. Walau tidak dapat mengembangkan lini produk, Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan cara volume discount.

Contohnya dengan cara memberi promo membeli satu dapat dua atau kartu diskon kunjungan. Teknik ini dapat juga digunakan pada home based business.

4. Cari Karyawan

Mulai untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, pegawai lepas (freelancer) atau keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan cashflow, tetapi juga sebagai cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada.

4 dari 5 halaman

Cara Mengembangkan Bisnis

5. Buat Website

Buatlah website untuk mengiklankan bisnis secara online. Sekarang tidak perlu lagi mendirikan toko untuk menjaring pelanggan retail.

Cukup dengan toko online akan membawa Anda memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa bangunan. Cukup membayar biaya pengembangan website yang harganya terjangkau.

6. Jalin Kerja sama

Join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis. Berpartner dengan pemilik bisnis lain yang masih related adalah satu di antara teknik pemasaran yang termurah dan termudah.

7. Memperlebar Target Pasar

Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan Anda adalah remaja, mulai arahkan kepada mahasiswa. Strategi lainnya dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale.

Contohnya bisnis katering yang menjual makanan ringan dapat menghubungi perusahaan kue lokal ternama untuk menjual kepadanya secara wholesale.

Kendati harga yang ditetapkan lebih murah, akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.

5 dari 5 halaman

Cara Mengembangkan Bisnis

8. Strategi Pemasaran

Cari cara baru dan berbeda untuk memasarkan usaha melalui media sosial atau menjadi pembicara tamu di suatu instansi.

Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan. Cukup menggunakan teknologi informasi yang sedang berkembang seperti blog, Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain-lain.

9. Kembangkan ke lokasi lain

Dalam hal ini bisa dilakukan cara dengan menyewa virtual office di pusat bisnis. Bisa juga dengan menyewa bersama pemilik UKM lainnya.

Sangat penting mendirikan kantor sementara, terutama saat membutuhkan suatu pengembangan tertentu.

10. Bisnis Franchise

Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis dengan jalan waralaba atau peluang bisnis lainnya.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer