Sukses


Pengertian Renang Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat, dan Macam-Macam Gayanya

Bola.com, Jakarta - Renang merupakan satu di antara gerakan yang dilakukan di dalam air. Bagi sebagian orang, berenang merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, renang adalah nomor olahraga berupa lomba cepat atau gerakan indah di air dengan jarak tertentu, dalam atau luar ruang.

Berenang bisa bertujuan untuk sarana rekreasi dan olahraga. Untuk tujuan rekreasi biasanya renang dilakukan di kolam renang, sungai, danau, dan laut. Dalam hal ini tidak ada aturan khusus.

Sedangkan untuk tujuan olahraga, renang menjadi sarana berkompetisi dan ada peraturan yang harus ditaati. Bagi perenang yang menyelesaikan jarak secara cepat dianggap sebagai pemenang.

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu renang. Untuk mengetahui lebih jelas tentang renang, bisa membaca pengertian dari para ahli.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian renang menurut para ahli, manfaat, dan macam-macam gayanya, dilansir dari laman aimarpoolteknik.com dan emodul.kemdikbud.go.id, Senin (13/12/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Renang Menurut Ahli

Agus Supriyanto (2013)

Renang adalah aktivitas yang dilakukan di air dengan berbagai macam bentuk dan gaya yang sudah sejak lama dikenal serta banyak memberikan manfaat kepada manusia.

Soekarno (1985: 1)

Renang adalah keterampilan gerak yang dilakukan di air yang, baik di air tawar maupun di air asin/laut, olahraga ini dapat dilakukan mulai dari kanak-kanak sampai orang tua, baik oleh kaum pria maupun wanita, dan olahraga ini sangat berguna sebagai alat pendidikan, sebagai rekreasi yang sehat bagi keluarga, menanamkan keberanian, percaya diri sendiri.

Arma Abdoelah (1981: 270)

Renang adalah suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air tawar maupun di air asin atau laut.

Budiningsih (2010:2)

Renang adalah satu di antara olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air.

Kasiyo Dwijowinoto (1979: 1)

Renang adalah satu di antara cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa diajarkan renang.

Muhajir (2004: 166)

Renang adalah olahraga yang menyehatkan. Sebab, hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.

Erlangga (2010:75)

Pengertian renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan. Renang bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, jantung, paru-paru dan membangkitkan perasaan berani.

Husen (2013: 1)

Renang adalah gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam air, baik di sungai, laut ataupun kolam renang, bahkan di dalam bak mandi kamu, kalau bak mandi kamu memang luas.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Gaya Renang

Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas adalah renang yang dilakukan dengan sikap tubuh telungkup dan gerakan kedua kaki diayunkan dari atas ke bawah secara bergantian.

Ciri-ciri gaya bebas adalah seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. Gerakan kedua lengan berada pada permukaan air. Gaya bebas merupakan gaya tercepat dalam renang.

Renang Gaya Dada

Renang gaya dada disebut juga dengan renang gaya katak. Renang gaya dada merupakan cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap, sedangkan kedua tangan diluruskan ke depan.

Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air. Maksud dari gerakan ini adalah agar gerakan badan maju lebih cepat ke depan.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Gaya Renang

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya renang yang dilakukan dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan, untuk posisi wajah berada di atas air agar mudah mengambil napas.

Tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat ke atas dan tidak dapat melihat kedepan saat melakukan perlombaan. Jadi, perenang harus memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan.

Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

Renang Gaya Kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu disebut juga dengan gaya lumba-lumba. Pada awalnya gaya kupu-kupu merupakan variasi dari gaya dada.

Renang gaya kupu-kupu merupakan satu di antara gaya berenang yang dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua tangan ditekan ke bawah secara bersamaan dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan.

Sedangkan untuk kedua kaki menendang ke bawah secara bersamaan dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan.

Untuk mengambil napas, hal yang dilakukan adalah udara diembuskan dengan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara di hirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

5 dari 6 halaman

Manfaat Renang

1. Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan sistem peredaran darah

Renang dapat meningkatkan jumlah darah yang dipompa oleh jantung. Hal tersebut telah dibuktikan dari sebuah studi.

Dalam studi tersebut disebutkan latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu membuat konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya.

Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan jantung.

2. Membangun massa otot

Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas), hingga 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi.

Massa otot adalah berat otot, berat otot bisa bertambah dengan cara penambahan sel baru atau membesarnya sel otot.

Makin sering berolahraga khususnya renang, otot terutama bagian lengan, bisa makin padat dan membesar (dalam artian baik). Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama delapan minggu.

3. Membakar kalori

Sekitar 500-650 kalori akan dibakar pada waktu berenang selama satu jam, tergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan. Hal tersebut setara dengan berlari dengan kecepatan 10 km/jam selama 45 menit.

6 dari 6 halaman

Manfaat Renang

4. Membuat tubuh rileks

Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang.

Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

5. Dapat mencegah berbagai penyakit

Berenang ternyata tidak hanya membuat tubuh bugar dan sehat. Melakukan olahraga ini secara teratur dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Berenang menjadi pilihan olahraga terbaik bagi penderita penyakit tertentu, seperti penderita hernia nukleus pulposus, radang sendi (arthritis), bahkan sebagai latihan untuk pemulihan pasca stroke.

Berdasarkan studi, berenang secara rutin dapat meningkatkan usia harapan hidup seseorang.

 

Sumber: Airmapoolteknik, Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer