Sukses


5 Cara Mengurangi Dampak Buruk setelah Mengonsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Keadaan kolesterol yang tinggi bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, bahkan beberapa di antaranya bisa menyebabkan kematian.

Makanan yang Anda konsumsi bisa menjadi penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Itulah mengapa, Anda perlu mewaspadai setiap makanan yang akan dikonsumsi.

Kandungan kolestrol bisa dikatakan tinggi jika kadar kolesterol di dalam tubuh melebihi batas normal  (>200 mg/dL).

Makanan seperti piza, burger, sate, gorengan, dan hidangan berlemak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Maka itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan dengan jenis tersebut dan menggantinya dengan berbagai makanan sehat serta kaya nutrisi, seperti buah dan sayur.

Namun, ada cara yang bisa meminimalkan efek buruk dari mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang cukup tinggi, dan bisa Anda terapkan setiap waktu.

Berikut lima cara mengurangi dampak buruk setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (14/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengurangi Dampak Buruk Setelah Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat memberikan efek positif pada pertumbuhan mikrobiota usus yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Pada gilirannya, mikrobiota usus dapat membantu proses pencernaan makanan berkolesterol tanpa mengganggu kesehatan saluran cerna.

2. Minum Minuman Detoks

Minuman detoks bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan. Minuman ini akan membuang racun, meningkatkan kekebalan, meningkatkan energi, dan tentunya memberikan kesehatan yang lebih baik.

Untuk membuatnya, cukup campurkan air dengan lemon dan jahe, atau mentimun dan mint. Bisa juga menggunakan jeruk dan lemon atau apel dan kayu manis.

3 dari 3 halaman

Cara Mengurangi Dampak Buruk Setelah Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

3. Bakar Kalori

Setelah makan banyak kolesterol, dianjurkan untuk berjalan kaki, naik tangga atau aktivitas fisik lainnya yang dapat meningkatkan kinerja perut. Selain membantu pencernaan, hal ini dapat membantu mengendalikan berat badan Anda.

4. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup yang membantu mendukung bakteri pada usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Probiotik secara alami dapat ditemukan pada makanan seperti yoghurt, kefir, dan kimchi.

Probiotik dapat dikonsumsi kapan saja terlepas dari waktu makan untuk mendapatkan manfaat positif.

5. Rencanakan Makan Berikutnya dengan Buah dan Sayuran

Setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, penting untuk kembali makan makanan sehat dengan sayur, buah, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ini cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki profil lipid. 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi, Editor: Aditya Eka. Published: 18/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer