Sukses


Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli, Tujuan, Unsur, Jenis, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Karya ilmiah adalah hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis berdasarkan kaidah ilmiah yang berlaku. Jadi, dalam suatu karya ilmiah berisi informasi berupa hasil pengamatan maupun penelitian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah, berdasarkan data dan fakta (obervasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Karya ilmiah merupakan kegiatan mengamati dan meneliti yang kemudian hasilnya dituangkan melalui tulisan berdasarkan kaidah penulisan yang tepat, yakni sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Dalam menulis karya ilmiah, seorang penulis harus memperhatikan tata bahasa, sistematika penulisan, metodologi penulisan, dan teori yang digunakan.

Demikian di atas ulasan singkat apa itu karya ilmiah. Untuk mamahami lebih jelas tentang karya ilmiah bisa membaca pendapat dari para ahli.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian karya ilmiah menurut para ahli, tujuan, unsur, dan jenis-jenisnya, seperti dilansir dari file.upi.edu dan emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (14/12/2021). 

2 dari 6 halaman

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Ahli

  • Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyad

Karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian, yang sistematis berdasar metode ilmiah, untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.

  • Brotowidjoyo

Karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

  • Sukohardjono (2007)

Karya tulis ilmiah adalah berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan tata cara ilmiah. Dengan kata lain, karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis hasil kegiatan ilmiah.

  • Munawar Syamsudin

Tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur, dan konsisten.

  • Eko Susilo (1995)

Karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.

  • Dwiloka dan Riana

Karya ilmiah atau artikel ilmiah merupakan karya seorang ilmuwan (pembangunan) yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, serta penelitian.

3 dari 6 halaman

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Adapun beberapa tujuan dari penulisan karya ilmiah, sebagai berikut:

1. Karya ilmiah bisa menjadi wahana untuk melatih ide.

2. Menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dan masyarakat.

3. Untuk membuktikan pengetahuan dan potensi ilmiah yang dimiliki oleh siswa.

4. Pembuktian dalam menghadapi dan memecahkan masalah.

5. Melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Karya Ilmiah

Unsur-unsur karya ilmiah terutama dalam makalah pada dasarnya terdapat topik, permasalahan, dasar teori, pembahasan, kesimpulan dan saran atau penutup.

Secara umum, dalam karya ilmiah terdiri dari empat bagian, yaitu pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan, dan kesimpulan atau penutup.

Pada bagian pendahuluan, biasanya menguraikan tentang latar belakang masalah yang isinya mengungkapkan alasan-alasan mengapa perlu dibahas masalah tersebut, dan kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan.

Berdasarkan bukti-bukti tersebut, penulis makalah mengungkapkan atau merumuskan permasalahan yang akan dibahas. Terakhir, pada bagian pendahuluan, diungkapkan tujuan pembahasan.

Kemudian pada bagian studi kepustakaan, penulis menguraikan tentang pengertian topik yang sedang dibahas menurut para ahli, hasil-hasil penelitian para ahli mengenai topik yang dibicarakan, dan merumuskan kerangka berpikir.

Sementara pada bagian pembahasan, penulis membahas masalah sesuai permasalahan yang telah dirumuskan pada bagian pendahuluan.

Pada bagian penutup, penulis menyimpulkan secara singkat apa yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya. Terakhir, setiap makalah harus dilengkapi dengan daftar pustaka.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Karya Ilmiah

Beberapa jenis karya ilmiah yang paling banyak dan umum diterbitkan, antara lain:

1. Makalah

Makalah merupakan karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaiannya mengandalkan berbagai macam data yang ada di lapangan.

Karya ilmiah ini bersifat empiris serta objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya dipresentasikan dalam kegiatan seminar.

2 Artikel

Dalam konteks jurnalistik, pengertian artikel adalah karya ilmiah yang memuat pendapat subjektif pembuatnya mengenai sebuah peristiwa atau masalah tertentu.

Sedangkan jika dipandang dari sudut pandang ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau kumpulan artikel.

3. Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu atau berdasarkan teori yang telah diterbitkan sebelumnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Karya Ilmiah

Beberapa manfaat dari dari karya ilmiah, antara lain:

1. Sebagai bahan rujukan untuk berbagai kepentingan dan kegiatan ilmiah, seperti seminar dan penelitian lainnya.

2. Sebagai sarana edukasi untuk menyebarkan kebenaran-kebenaran ilmu tertentu.

3. Sebagai sarana deseminasi (penyebaran ilmu), seseorang maupun kelompok masyarakat tertentu akan lebih luas wawasan dan keilmuannya dengan membaca karya tulis ilmiah.

 

Sumber: upi.edu, Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer