Sukses


Daftar Makanan yang Tidak Perlu Anda Simpan di dalam Kulkas

Bola.com, Jakarta - Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas terkadang bisa membuat makanan menjadi tahan lama. Namun, ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya tidak perlu Anda simpan di dalam kulkas.

Kulkas memang menjadi tempat pilihan menyimpan makanan agar tidak mudah basi. Bahan makanan seperti daging akan bertahan lebih lama jika kita masukkan ke kulkas.

Bahan makanan lainnya seperti sayuran hijau juga akan terjaga kesegarannya jika kita masukan ke lemari pendingin.

Akan tetapi, Anda perlu mewaspadai beberapa hal, karena ada beberapa bahan makanan yang cenderung akan rusak jika Anda masukkan ke kulkas.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), lemari pendingin idealnya bersuhu 4 derajat Celsius atau lebih dingin. Pada suhu tersebut, setiap bakteri yang ada di makanan akan sulit berkembang.

Dengan itu, kulkas cocok untuk menyimpan makanan yang sudah dimasak untuk dikonsumsi di kemudian hari.

FDA juga menyarankan bahwa berbagai jenis buah-buahan, sayuran, serta bumbu dapur baiknya disimpan pada suhu ruangan yang kering.

Berikut daftar makanan yang tidak perlu Anda simpan di dalam kulkas, dan perlu Anda perhatikan dengan saksama, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (14/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Tidak Perlu Anda Simpan di Kulkas

1. Alpukat 

Alpukat matang paling baik disimpan di suhu ruangan dan tidak dianjurkan untuk diletakkan di dalam kulkas. Setelah matang, alpukat harus dimakan segera. Bahkan, rusak sedikit akan menyebabkan buah alpukat cepat rusak, terlebih lagi jika didinginkan. 

2. Terong

Terong adalah jenis buah yang tidak bisa disimpan di lemari pendingin. Hal ini dikarenakan terong lebih menyukai kondisi yang hangat. Dianjurkan untuk menyimpan terong di dalam suhu kamar agar kandungan dan manfaatnya tetap terjaga.

3. Pisang 

Pisang merupakan satu di antara buah yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Jika sudah ditaruh di lemari es, kulit pisang akan menghitam dan lembek. Suhu dingin akan mengubah kulit pisang menjadi cokelat sebelum waktunya, meski daging buahnya masih akan baik-baik saja jika dimakan. 

Selain itu, memasukkan pisang mentah ke kulkas tidak akan membuatnya jadi matang. Jadi, lebih baik simpan pisang pada suhu ruang.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Tidak Perlu Anda Simpan di Kulkas

4. Kentang

Suhu di bawah sekitar 7 derajat Celsius akan membuat rasa kentang berubah menjadi manis dan berpasir. Jika Anda ingin memanggang atau menggorengnya, kentang dingin tersebut sudah banyak mengandung akrilamida (zat karsinogen pemicu kanker) daripada kentang yang disimpan di suhu hangat.

Simpan kentang di tempat gelap agar tidak berubah menjadi hijau, serta tetap kukuh dan kenyal.

5. Apel dan Pir

Apel segar bisa bertahan lama di dalam suhu ruang sehingga tak perlu memasukkannya ke kulkas. Begitu juga dengan buah pir, cukup simpan pada suhu ruang.

6. Roti 

Simpan roti yang akan Anda makan selama beberapa hari di tempat sejuk dan kering. Hanya ambil ketika Anda siap untuk memakannya. Sebab, roti yang dimasukkan ke kulkas akan cepat basi.

Agar bisa disimpan lebih lama, Anda bisa memindahkan roti dari plastik pembungkusnya, letakkan di dalam wadah kedap udara, dan simpan dengan baik. Cara ini dapat dilakukan agar tekstur dan rasa roti tetap optimal.

7. Kopi 

Sebaiknya jangan simpan bubuk atau biji kopi favorit Anda di dalam kulkas. Kulkas dapat menghasilkan embun yang mengubah rasa minuman. Cara terbaik untuk menyimpannya biji kopi adalah memasukkan ke wadah kedap udara dan simpan di suhu ruangan.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Tidak Perlu Anda Simpan di Kulkas

8. Bawang

Bahan makanan, seperti bawang merah, bawang bombai, dan bawang putih sebaiknya tidak perlu disimpan di kulkas. Kelembapan yang tinggi cenderung membuat bawang lunak, dan malah bisa membentuk jamur. Simpan bawang di tempat yang sejuk, gelap, dan kering.

9. Melon

Buah melon memang paling enak dikonsumsi dalam keadaan dingin. Akan tetapi, demi mendapatkan rasa terbaik dan membantu menjaga kandungan antioksidan di dalamnya tetap utuh, simpanlah buah melon utuh pada suhu ruang.

10. Tomat

Cara mudah untuk membuat tomat bertahan lama adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering. Simpan tomat di dalam suhu ruangan agar kelembapan lebih terjaga.

11. Ubi

Hampir sama dengan kentang, sayuran dari akar ini merupakan jenis makanan yang tidak perlu disimpan atau masuk ke kulkas. Ubi perlu disimpan di tempat yang gelap dan tidak terkena sinar matahari langsung agar tidak mudah busuk. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/12/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer