Sukses


Manfaat Joging Setiap Hari, Bisa Turunkan Berat Badan dan Bikin Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Joging merupakan satu di antara jenis olahraga mudah dan sederhana. Hal itu karena joging tidak membutuhkan biaya mahal dan gerakan-gerakan rumit seperti olahraga lain.

Dalam praktiknya, joging dilakukan dengan berlari secara pelan. Joging juga sering didefinisikan sebagai berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari joging adalah berlari pelan (antara lari dan berjalan) untuk kesehatan.

Joging bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun sore hari. Meski, banyak orang yang memilih waktu joging saat pagi hari.

Hal itu karena udara pagi yang masih segar dan belum banyak polusi ketimbang saat siang dan sore hari. Selain itu, matahari pagi mempunyai kandungan manfaat vitamin D yang kuat.

Beragam manfaat didapatkan jika Anda rutin joging setiap hari. Apa saja manfaat joging setiap hari?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat joging setiap hari yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (15/12/2021). 

2 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan menjadi satu di antara alasan sebagian orang joging. Dengan joging setiap hari, dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau obesitas.

Setengah jam kegiatan ini dapat membakar sekitar 300 kalori. Tidak hanya membakar lemak, joging juga membantu mempertahankan berat badan.

Maka itu, bagi Anda yang ingin mempunyai berat badan ideal, bisa rutin melakukan joging setiap hari.

2. Memperkuat Sistem Imunitas

Dengan rutin joging bisa memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Hal ini berlaku untuk penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang seperti diabetes.

Aktivitas ini juga merangsang produksi limfosit dan makrofag yang melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus.

3 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

3. Baik untuk Jantung

Rutin joging setiap hari baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah masalah atau penyakit jantung. Joging membantu menjaga tekanan darah, serta mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa darah.

4. Meningkatkan Sistem Pernapasan

Sebagai informasi, joging merupakan satu di antara bentuk latihan aerobik tertua dan terpopuler. Seperti latihan aerobik lainnya, joging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan.

Dengan berjoging, paru-paru akan mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbondioksida secara efisien.

4 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

5. Menurunkan Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan satu di antara penanda tahap awal diabetes. Sel dalam tubuh tidak memberi respons terhadap insulin, yaitu hormon yang mengendalikan kadar gula darah.

Peneliti menemukan, joging secara teratur menurunkan resistensi insulin pada peserta penelitian. Laporan yang sama mencatat, penurunan lemak tubuh dan peradangan mungkin menjadi penyebab peningkatan resistensi insulin.

6. Bantu Lindungi Anda dari Efek Negatif Stres

Joging dapat melindungi otak dari efek stres yang berbahaya. Studi menemukan, latihan aerobik seperti joging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres.

Saat jogging, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu meningkatkan semangat dan menciptakan perasaan positif terhadap diri sendiri. Jadi, bisa merasa tenang dan segar setelah melakukan aktivitas ini.

5 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

7. Membantu Mengatasi Depresi

Olahraga ini telah lama diketahui dapat membantu mengatasi gejala depresi. Studi pada 2018 meneliti kadar kortisol pada orang yang mencari pengobatan untuk depresi.

Setelah 12 minggu olahraga secara konsisten, mereka yang berolahraga teratur mengalami penurunan kadar kortisol sepanjang hari. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres.

Orang yang memiliki gejala kecemasan atau depresi dianjurkan untuk melakukan olahraga yang disukai. Joging bisa menjadi satu di antara pilihan yang bisa dilakukan, baik sendiri maupun bersama orang-orang terdekat.

8. Membuat Tulang Belakang Fleksibel Seiring Bertambah Usia

Di antara tulang belakang pada punggung, terdapat bantalan pelindung yang fleksibel bernama diskus. Bagian ini sebenarnya berupa kantong berisi cairan yang dapat menyusut dan aus seiring bertambahnya usia, terutama bila menjalani kehidupan relatif tidak banyak bergerak.

Duduk dalam durasi yang lama akan menambah tekanan pada diskus tersebut seiring waktu. Sebaliknya, dengan melakukan joging, akan mempertahankan ukuran dan fleksibilitas diskus.

6 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

9. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Joging bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan melakukan kegiatan ini, tulang mengalami stres dan beban, sehingga tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan dengan memperkuat tulang dan mencegah cedera.

Ketebalan tulang akan bertambah dan mencegah masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan lain-lain.

10. Memperkuat Otot

Manfaat joging lainnya ialah membantu tubuh menjadi lebih kencang. Kegiatan ini melibatkan otot besar dan memperkuatnya. Contohnya, pada otot paha belakang, betis, bokong, dan lain-lain.

7 dari 7 halaman

Manfaat Joging Setiap Hari

11. Anti-Penuaan

Olahraga joging juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Adapun Manfaat yang didapat dari joging yaitu membuat kulit tampak lebih segar dan awet muda. Hal ini dikarenakan kulit mendapat lebih banyak oksigen dan pasokan darah.

12. Memperpanjang Umur

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak, seperti bermain gadget, dapat meningkatkan risiko kematian dini. Dengan melakukan joging secara rutin, dapat membuat angka harapan hidup menjadi lebih lama.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/11/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer