Sukses


8 Manfaat Olahraga Tenis Meja yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tenis meja adalah jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara tunggal atau secara berpasangan (ganda). Beberapa peralatan yang diperlukan dalam tenis meja antara lain meja, bet (pemukul), bola, dan net.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, tenis meja adalah permainan yang menggunakan bola pingpong dan bet (berlapis karet) sebagai pemukulnya dan meja yang dirancang khusus sebagai lapangannya.

Tenis meja menjadi satu di antara jenis olahraga yang cukup populer dan mudah dimainkan. Dalam praktiknya, tenis meja dimainkan dengan cara memukul bola menggunakan bet hingga melewati net.

Seperti cabang olahraga pada umumnya, tenis meja memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Apa saja manfaat bermain tenis meja tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat bermain tenis meja yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (17/12/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Tenis Meja

1. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Tenis meja dilakukan dengan cara memukul bola untuk mendapatkan poin. Oleh karena itu, harus mempunyai kecepatan dalam hal mendeteksi keberadaan bola dan memukulnya dengan tepat.

Itulah mengapa koordinasi mata dan tangan sangat penting dalam permainan ini. Manfaatnya terhadap koordinasi mata dan tangan akan makin meningkat seiring berjalannya waktu. Maka itu, lakukanlah latihan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Melatih Refleks

Sama seperti melatih koordinasi, melakukan olahraga tenis meja juga bagus untuk melatih refleks. Tenis meja merupakan tipe olahraga dengan tempo cepat dan jarak yang pendek.

Saat bermain tenis meja diharuskan sering bergerak dan bereaksi cepat merespons gerakan lawan. Dengan sering melakukannya berkali-kali, bukan tidak mungkin lama kelamaan tubuh akan terbiasa dan refleks pun akan makin bagus dan terlatih.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Tenis Meja

3. Membakar Kalori

Tak hanya bertempo cepat, tenis meja merupakan tipe aktivitas fisik yang dapat membakar banyak kalori. Bermain tenis meja selama satu jam mampu membakar sebanyak 272 kalori.

Bagi yang ingin membakar kalori, olahraga tenis bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin menurunkan berat badan.

4. Bisa Bersosialisasi dengan Teman

Olahraga tenis meja merupakan satu di antara jenis kegiatan yang bisa membantu membangun relasi, baik bersama orang-orang terdekat maupun dengan orang-orang yang baru di kenal.

Tenis meja merupakan permainan yang dimainan oleh dua orang (tunggal) dan dua pasang (ganda). Hal itu berarti tenis meja tidak dimainkan sendirian. Jadi, untuk memainkan tenis meja diperlukan partner. Dengan bermain bersama-sama bisa saling belajar satu sama lain dan membicarakan banyak hal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Tenis Meja

5. Mencegah Demensia

Tempo yang cepat dalam permainan tenis meja mengharuskan seseorang untuk berpikir dan mengambil keputusan dalam waktu sepersekian detik saja.

Hal ini tersebut tak hanya meningkatkan refleks, tetapi juga melatih konsentrasi sekaligus menstimulasi berbagai area otak, termasuk area memori. Kondisi tersebut membuat aliran darah otak meningkat.

Jadi, melakukan olahraga tenis meja bisa mencegah terjadinya demensia.

6. Baik untuk Keseimbangan Tubuh

Manfaat lain dari olahraga tenis meja adalah melatih keseimbangan. Tenis meja membantu memperkuat keseimbangan dinamis seiring dengan terlatihnya pergerakan koordinasi tubuh.

Pemain tenis meja harus bisa mempertahankan posisi tubuh yang baik untuk bisa menghasilkan pergerakan yang kuat dan efisien. Dengan begitu, keseimbangan tubuh sangat krusial dalam permainan ini.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Tenis Meja

7. Memperkuat Otot Tubuh

Olahraga tenis meja melatih semua otot tubuh, baik depan maupun belakang. Gerakan berenergi tinggi akan memperkuat otot punggung dan perut serta otot perut bagian samping.

Saat bermain tenis meja, memungkinkan seseorang sering memukul bola secara terus-menerus dengan energi tinggi. Kondisi tersebut yang akan melatih bahu dan lengan.

Tidak hanya itu, saat melakukan permainan tenis meja pemain tentu akan mengejar bola. Pada saat melakukan aktivitas ini, otot tungkai yang bekerja.

8. Risiko Cedera Relatif Kecil

Permainan tenis meja bermanfaat untuk sendi. Bagi yang memiliki masalah pada bagian lutut, punggung, pergelangan kaki dan tangan, tenis meja bisa jadi satu di antara terapi fisik yang baik.

Olahraga ini bisa memperbaiki kekuatan lengan dan kaki serta tubuh tanpa menyebabkan stres berlebihan pada sendi dibandingkan olahraga lainnya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/3/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer