Sukses


Manfaat Olahraga Panahan, Bantu Latih Koordinasi dan Fokus

Bola.com, Jakarta - Panahan adalah kegiatan menggunakan busur panah dan menembakkan anak panah. Panahan kerap dianggap sebagai satu di antara olahraga yang tidak banyak bergerak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari panahan adalah cabang olahraga yang memakai panah sebagai alat lomba.

Jadi, dalam olahraga panahan alat utama yang digunakan ialah busur dan anak panah. Adapun praktik olahraga panahan dilakukan dengan cara melepaskan anak panah ke sasaran yang ditentukan.

Sasaran dalam olahraga panahan biasanya berupa gambar lingkaran yang di bagian tengahnya terdapat titik sebagai pusat.

Nilai diperoleh dalam olahraga panahan dihitung berdasarkan banyaknya anak panah yang tepat mengenai target dan jarak anak panah yang menancap dari titik pusat lingkaran.

Meski cenderung diam dan tidak banyak bergerak, olahraga panahan mempunyai beragam manfaat. Apa saja manfaat olahraga panahan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga panahan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (17/12/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan

1. Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung. Hal tersebut mirip dengan angkat beban karena tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya.

Jika dilakukan secara berulang-ulang, tekanan menarik dan melepaskan tali busur dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

2. Mengontrol Keseimbangan

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah karena harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan.

Berlatih memanah membantu untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Dengan sering berlatih memanah, makin otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan

3. Melatih Koordinasi

Koordinasi mata dan tangan merupakan yang paling utama dalam olahraga panahan. Jadi, olahraga panahan bisa melatih tangan untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan panah berdasarkan apa yang mata lihat.

Makin banyak dan sering berlatih maka akan makin baik juga koordinasi antara mata dan tangan.

4. Menyehatkan Jantung

Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki.

Pemanah akan mendapatkan beberapa manfaat tersebut selama latihan karena akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan

5. Membuat Lebih Fokus

Fokus penting untuk kesuksesan sebagai pemanah. Biasa mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental. Makin fokus pada target, makin mudah bagi pemanah dalam menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan.

Keterampilan ini juga akan membantu pemanah saat menghadapi situasi-situasi sulit lain dan menekan dalam hidup.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam olahraga panahan, pemanah bisa bersaing dengan yang lain atau melawan diri sendiri. Jadi, olahraga panahan ini tak hanya sekadar melepaskan anak panah panah.

Untuk meningkatkan performa pastinya dengan latihan yang rutin dan disiplin. Hal tersebut juga bagus untuk membangun kepercayaan diri.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Panahan

7. Relaksasi

Danika Yarosh, seorang aktris asal Amerika Serikat yang menggeluti olahraga panahan, mengatakan bahwa panahan bisa menenangkan dan menghilangkan stres.

Melepaskan panah, melihat busur terbang, dan mendengarnya sampai di bulatan target menurut Yarosh dapat membantu menghilangkan stres.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 8/10/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer