Sukses


Manfaat Pull Up bagi Tubuh, Bisa Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Bola.com, Jakarta - Pull up adalah gerakan menggelantung pada sebuah mistar. Gerakan tersebut bagus untuk melatih kekuatan otot bagian atas.

Gerakan pull up sering digunakan dalam pelatihan militer dan bisa menjadi latihan yang tidak sederhana untuk dipraktikkan. Bagi pemula, pull up bisa dilakukan dalam bentuk modifikasi atau alat tertentu.

Dalam praktiknya, pull up dilakukan dengan menggelantungkan tubuh ke bilah besi dan menurunkannya kembali. Meski gerakannya sangat sederhana, pull up memberikan serangkain manfaat bagi yang melakukannya secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaat pull up secara maksimal, memerlukan tumpuan yang kuat, seperti pull up bar yang bisa ditemukan di gym, palang yang tinggi, atau bisa juga memakai ventilasi pintu rumah.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat melakukan pull up secara rutin yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman unycommunity.com, Jumat (17/12/2021).

2 dari 8 halaman

Melatih Otot Punggung

Seperti yang disebutkan di atas, pull up merupakan latihan terbaik untuk memperkuat otot bagian atas, termasuk otot punggung. Dengan melakukan latihan ini, berbagai otot pada punggung bisa langsung dilatih sekaligus.

Tidak hanya memperkuat, gerakan pull up juga bermanfaat untuk membentuk otot-otot punggung sehingga dapat memberikan tubuh bentuk V yang diidam-idamkan banyak orang.

3 dari 8 halaman

Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Manfaat pull up selanjutnya, bisa memperkuat otot lengan dan bahu. Hal ini dikarenakan gerakan pull up sangat berpusat pada kedua bagian bagian tersebut.

Jadi, bagi yang ingin membentuk sekaligus memperkuat lengan dan bahu, bisa melakukan gerakan pull up secara rutin.

Bagi pemula, mungkin belum dapat menerapkan gerakan ini secara maksimal. Maka itu, jangan melakukan gerakan ini dengan terburu-buru, tetapi lakukan secara perlahan-lahan saja dalam durasi yang singkat.

Jika sudah terbiasa dan sering dilakukan, dapat menambah intensitas latihan pull up.

4 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Selain memperkuat otot punggung, otot lengan dan bahu, pull up dapat meningkatkan kekuatan genggaman tangan. Hal itu karena saat melakukan pull up, bagian telapak tangan digunakan untuk menggenggam pull up bar dengan kuat.

Jika hal ini dilakukan secara benar dan rutin, tingkat kekuatan genggaman tangan akan makin kuat.

Memiliki genggaman yang kuat bermanfaat, terutama bagi yang sering melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kekuatan genggaman tangan seperti bermain bulu tangkis, golf, atau membawa barang-barang yang cukup berat.

5 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat melakukan gerakan pull up secara rutin ialah bisa menjaga kesehatan tulang. Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa gerakan-gerakan yang bertujuan melatih kekuatan, seperti pull up sangat efektif untuk membantu menjaga tulang supaya tetap sehat dan kuat.

Agar manfaat pull up ini lebih maksimal, lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, pastikan untuk melakukan gerakan pull up dengan baik dan benar untuk menghindari cedera.

6 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up untuk kesehatan lainya ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya itu, pull up juga dapat meminimalisasi gangguan kesehatan jantung yang dapat mengancam jiwa.

7 dari 8 halaman

Tingkatkan Kesehatan Mental

Tak cuma fisik, pull up juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Dalam sebuah studi pada 2010, ditemukan korelasi positif antara latihan kekuatan dengan berbagai masalah mental.

Melakukan pull up secara rutin bisa mengurangi gejala kecemasan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi kelelahan, dan mengurangi Depresi.

Melakukan segala bentuk olahraga menyebabkan otak melepaskan zat kimia yang dikenal sebagai serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang memberi perasaan bahagia. Ini bisa melawan perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan.

8 dari 8 halaman

Turunkan Berat Badan

Meski tidak membakar kalori sebanyak melakukan cardio, pull up dapat membakar sejumlah kalori. Jika ingin meningkatkan intensitas untuk membakar lebih banyak kalori, bisa melakukan lebih banyak pengulangan, set lebih banyak, lebih cepat, dan mengambil lebih sedikit waktu istirahat.

Pull up bisa membuat jantung memompa dan meningkatkan metabolisme. Dibutuhkan kalori untuk berolahraga dan melakukan pull up yang pada akhirnya bermanfaat bagi penurunan berat badan.

 

Sumber: UNY Community

Video Populer

Foto Populer