Sukses


Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Kecemasan dan Depresi

Bola.com, Jakarta - Menari adalah kegiatan menggerakkan anggota tubuh dengan mengikuti alunan musik. Bagi sebagian orang, menari merupakan hobi yang dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, menari adalah memainkan tari (menggerak-gerakkan badan dan sebagainya dengan berirama dan sering diiringi dengan bunyi-bunyian).

Menari menjadi satu di antara jenis aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menari, tubuh akan bergerak lebih aktif dan mendorong sistem peredaran darah lebih lancar.

Tak hanya untuk kesehatan fisik, menari ternyata bermanfaat bagi mental seseorang. Apa pun alasannya, menari mempunyai banyak manfaat bagi yang melakukannya.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat menari untuk kesehatan mental yang perlu diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (21/12/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Menurunkan Tingkat Kecemasan

Menari bisa menurunkan tingkat kecemasan dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya. Dalam sebuah penelitian dengan orang yang memiliki gangguan kecemasan, diberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu di empat tempat.

Adapun keempat tempat tersebut adalah kelas tari modern, kelas olahraga, kelas musik, dan kelas matematika. Dari hasil yang diperoleh, hanya mereka yang mengikuti kelas tari modern yang mengalami penurunan tingkat kecemasan paling signifikan.

Mencerahkan Mood

Berdasarkan hasil penelitian, menari dapat menimbulkan mood yang baik, terutama bagi yang melakukannya. Mereka yang melakukan kegiatan menari melaporkan bahwa pasca menari mereka merasa senang dan optimistis.

Selain itu, pengaruh aktivitas menari dengan mood dipengaruhi faktor lain seperti keberadaan musik dan konteks lingkungan sekitar tempat kegiatan menari dilakukan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Mempermudah Metode Berpikir untuk Problem Solving

Menari bisa membantu kemampuan problem solving. Ketika seseorang terlibat daam sebuah tarian yang terimprovisasi (gaya bebas), ini bisa membantu mereka berpikir divergen (kemampuan menemukan banyak solusi untuk sebuah permasalahan).

Di sisi lain, ketika seseorang terlibat dalam sebuah tarian yang terstruktur, ini membantu seseorang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen (kemampuan untuk mendapatkan satu jawaban dalam sebuah masalah).

Membantu Orang dengan Penyakit Parkinson

Hal ini terkait dengan aktivitas menari yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam problem solving. Mereka yang memiliki penyakit Parkinson mengalami gangguan dalam proses berpikir divergen.

Para peneliti sedang menyelidiki pengaruh aktivitas menari dengan gaya bebas untuk membantu mereka yang memiliki penyakit Parkinson.

4 dari 6 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Gerakan gerakan yang dilakukan ketika menari berpengaruh baik pada ketahanan kerja otot jantung dan paru-paru.

Selain itu, menari bisa memperbaiki keseimbangan tubuh dan memperkuat ketahanan anggota gerak bagian bawah. Kemudian menari juga bisa meningkatkan kelenturan tubuh dan menurunkan kadar lemak.

Memengaruhi Kesejahteraan Psikologis

Menurut penelitian, melakukan tarian berkelompok bisa memberi pengaruh baik untuk kesejahteraan mental. Mereka yang melakukan tarian berkelompok merasa senang pasca menari. Menari juga bisa menaikkan tingkat self-esteem seseorang.

5 dari 6 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Menurunkan Depresi

Berdasarkan penelitian, menari rekreasional (aktivitas menari yang dilakukan untuk kepentingan sosial, kesehatan atau pendidikan) dapat meningkatkan kesejahteraan diri, menurunkan Depresi dan kecemasan psikologis.

Memengaruhi Atensi

Menari yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam hal improvisasi gerakan bisa memperbaiki kemampuan memindah perhatian (switching attention).

Switching attention adalah kemampuan yang diperlukan saat sedang mengerjakan tugas sehingga membutuhkan penerima stimulus respons yang berbeda sekaligus.

6 dari 6 halaman

Manfaat Menari untuk Kesehatan Mental

Menciptakan Lingkungan yang Suportif untuk Pengembangan Diri

Ketika seseorang melakukan tarian bersama orang lain, hal itu membuat mereka memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman baru.

Dukungan, perhatian, dan semangat yang didapatkan dari sesama teman menari menjadi efek positif untuk psikologis seseorang yang menari.

Menjadi Media Terapi

Tarian juga menjadi satu di antara media tertapi. Terapi yang dikenal dengan istilah Dance/Movement Therapy (DMT) ini biasa digunakan untuk mendukung fungsi intelektual, emosional, dan motorik tubuh.

DMT menggunakan konsep bahwa pergerakan tubuh memiliki kaitan dengan emosi seseorang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Koes Ayunda Zikrina Putri dari Pijar Psikologi. Editor: Nilam Suri. Published: 2/7/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer