Sukses


8 Cara agar Tetap Sehat bagi Penggemar Makanan Cepat Saji

Bola.com, Jakarta - Makanan cepat saji selalu bisa menggugah selera banyak orang dengan penampilan dan rasanya. Namun, berlebihan dalam mengonsumsinya bisa mengganggu kesehatan.

Di berbagai kota besar, makanan cepat saji kerap menjadi pilihan yang pas ketika lapar, hal itu karena penyajiannya yang terbilang cepat apalagi di tengah keterbatasan waktu dalam aktivitas yang padat.

Makanan cepat saji sering menjadi pilihan karena dianggap praktis. Restoran cepat saji mudah dijumpai dan bisa menjadi pilihan setiap saat.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui, banyak kandungan tidak menyehatkan yang ada di dalam berbagai jenis makanan cepat saji. Terutama tingginya kalori dan lemak.

Jika terlalu banyak mengonsumsinya, bukan tidak mungkin bisa meningkatkan risiko Anda terkena berbagai macam penyakit, termasuk obesitas dan diabetes.

Bagi Anda penggemar makanan cepat saji, ada cara yang bisa digunakan agar Anda tetap sehat, namun tetap bisa mengonsumsi makanan cepat saji yang Anda sukai.

Berikut delapan cara agar tetap sehat bagi penggemar makanan cepat saji, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (21/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara agar Tetap Sehat Bagi Anda yang Doyan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

1. Pilih Ukuran Porsi yang Kecil

Cara mengonsumsi makanan cepat saji yang sehat cukup mudah. Jika restoran cepat saji menawarkan berbagai ukuran porsi, pilihlah porsi paling kecil.

Sebagai contoh, satu hamburger ukuran besar dengan dua potong daging memiliki kurang lebih 800 kalori dan 40 gram lemak. Nah, sebagai alternatif, Anda dapat memesan hamburger ukuran kecil atau porsi anak. Dengan begitu, Anda dapat memangkas sekitar 200-300 kalori.

2. Pilih Sumber Protein yang Memiliki Kalori Lebih Rendah 

Jika Anda ingin menjaga berat badan, jumlah asupan kalori harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai jumlah kalori yang masuk dari makanan dan minuman justru jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kalori yang dikeluarkan.

Oleh sebab itu, ketika mengonsumsi makanan cepat saji, Anda lebih disarankan memilih sumber protein dalam bentuk ikan dibandingkan dengan ayam dan daging. Namun, tetap perhatikan juga porsi yang dikonsumsi.

3. Hindari Karbohidrat Berlebih

Menu paket lengkap dengan nasi tentu menggoda selera. Namun, akan celaka bila Anda juga makan makanan cepat saji yang menjadi sumber karbohidrat lain, seperti kentang goreng.

Cara makan yang sehat adalah dengan memilih satu di antara makanan sebagai sumber karbohidrat tiap kali makan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kalori berlebih.

3 dari 4 halaman

Cara agar Tetap Sehat Bagi Anda yang Doyan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

4. Pilih Side Dish yang Lebih Sehat 

Hal penting untuk diingat, pemilihan menu side dish juga perlu diperhatikan. Jika Anda ingin menerapkan pola makan sehat, pilihlah menu makanan cepat saji yang sehat.

Sebagai contoh, dibandingkan memesan seporsi kentang goreng, Anda dapat memesan salad atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu makanan Anda.

5. Hindari Tambahan Menu atau Saus

Saat Anda mengonsumsi makanan cepat saji, hati-hati dengan tambahan keju, potongan daging, dan roti. Sebab jenis makanan tersebut akan meningkatkan jumlah kalori Anda dengan cepat.

6. Tingkatkan Konsumsi Serat

Makanan cepat saji biasanya memiliki kadar serat yang tidak begitu tinggi. Namun, tak perlu khawatir, hal ini dapat dibantu dengan memilih menu makanan makanan cepat saji yang sehat, misalnya sayuran.

Anda juga dapat meningkatkan konsumsi buah-buahan setelahnya sehingga Anda dapat lebih cepat kenyang dan rasa kenyang lebih bertahan lama.

4 dari 4 halaman

Cara agar Tetap Sehat Bagi Anda yang Doyan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

7. Pilih Menu yang Dipanggang 

Anda mungkin sudah tahu bahwa makanan cepat saji tinggi akan kadar kalori dan lemak. Makanan yang digoreng atau dibalur dengan tepung, seperti ayam goreng atau fish and chips, memang kaya akan lemak dan kalori.

Nah, cara makan yang sehat satu di antaranya dapat dilakukan dengan memperhatikan cara menu tertentu diolah. Pilihlah menu makanan cepat saji yang dipanggang atau dibakar dibandingkan dengan yang digoreng.

8. Hati-Hati dengan yang Anda Minum

Saat makan fast food rasanya kurang lengkap bila tidak dibarengi dengan minuman segar. Namun, ingatlah bahwa makanan yang Anda konsumsi sudah mengandung banyak kalori.

Pilihan minuman yang beragam kebanyakan tinggi akan kalori. Sebagai contoh, soda regular berukuran besar mengandung setidaknya 300 kalori.

Milkshake atau minuman apa pun yang mengandung es krim juga sebaiknya dihindari. Milkshake berukuran besar setidaknya mengandung lebih dari 800 kalori serta mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh Anda.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 15/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer