Sukses


5 Manfaat Menghias Pohon Natal untuk Anak

Bola.com, Jakarta - Begitu memasuki bulan Desember, umat Kristiani biasanya mulai menyiapkan perayaan Natal. Pada hari raya yang Agung tersebut, umat Kristiani memiliki tradisi berkumpul bersama keluarga.

Jelang hari kelahiran Yesus Kristus tersebut, kebanyakan umat Kristiani menghias rumah dengan pernak-pernik bertama Natal yang bisa membuat kehangatan di dalam rumah menjadi makin terasa.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memasang pohon natal. Hal ini telah menjadi tradisi yang dilakukan oleh umat Kristiani semenjak ratusan tahun silam.

Agar pohon Natal terlihat lebih menarik untuk dipandang, biasanya diberi berbagai pernak-pernik berbagai warna yang sangat cantik. Saat memasang berbagai hiasan tersebut, mungkin Anda melibatkan putra putri Anda karena kegiatan ini pasti menyenangkan buat mereka.

Tidak hanya berguna untuk menghias rumah, menghias pohon Natal ternyata juga memiliki manfaat tersendiri untuk anak-anak.

Seperti, melatih kekompakan dan mendekatkan hubungan orang tua dan anak. Pasalnya, saat menghias pohon natal biasanya anak dan orang tua akan bahu-membahu agar hasilnya terlihat indah.

Berikut lima manfaat menghias pohon natal untuk anak, yang perlu orang tua ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (24/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menghias Pohon Natal untuk Anak

1. Menurunkan Kadar Stres 

Selama pandemi ini, anak tidak bisa bermain sebebas biasanya. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar stres mereka karena tidak bisa berinteraksi dengan bebas bersama teman-temannya.

Dengan menghias pohon natal, kadar stres yang dimiliki oleh anak bisa turun. Pasalnya, menghias pohon natal adalah kegiatan yang menyenangkan dan membahagiakan anak.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Karena anak diminta untuk berimajinasi sekreatif mungkin, mau tak mau kemampuan otak anak akan juga dipacu. Terlebih lagi hiasan pohon natal harus terlihat semenarik mungkin.

Secara tidak langsung, otak akan akan diasah dan membuatnya jadi berpikir untuk mendapatkan hasil terbaik. Orang tua juga bisa membantunya agar mereka lebih menjadi kreatif.

3. Memberi Kesempatan Anak untuk Punya Memori Indah 

Punya kebiasaan menyenangkan seperti menghias pohon natal setiap tahunnya akan membentuk memori yang indah dengan keluarga.

Apalagi jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, yakni satu tahun sekali. Anda juga bisa mengajak anak untuk mendekor rumah, memanggang kue natal, atau membungkus kado natal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menghias Pohon Natal untuk Anak

3. Meningkatkan Kreativitas

Anak pasti memiliki imajinasinya sendiri dalam menghias pohon natal. Biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya itu karena ini bisa meningkatkan kreativitas mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya membeli aksesori pohon natal untuk meningkatkan kreativitasnya. Coba untuk membebaskan mereka dalam memilihnya.

4. Meningkatkan Kebiasaan Kerja Sama yang Baik 

Orang tua dan anak akan saling bekerja sama dalam menghias pohon Natal. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi, bekerja sama dalam kelompok, toleransi, dan sebagainya. 

5. Meningkatkan Kemampuan dalam Perencanaan 

Menghias pohon natal tidak semudah yang Anda pikirkan, terlebih bagi anak yang belum mengerti betul akan hal ini.

Dengan mengajarkan anak menghias pohon natal, mereka akan mendapatkan ilmu perencanaan yang baik agar hasilnya bisa terlihat indah. Hal ini sekaligus mengajarkan anak untuk belajar merencanakan sesuatu yang pastinya berguna di masa depan. 

4 dari 4 halaman

Ide Dekor Pohon Natal

Jika Anda bingung ide pohon Natal apa yang menarik, berikut beberapa ide menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

Gunakan Bahan Reusable 

Anda bisa menggunakan bahan reusable, seperti kertas bekas, kardus bekas, atau barang lainnya sebagai dekorasi pohon natal.

Bahan-bahan tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak serta membuatnya lebih menghargai dan memaknai pohon natal yang dibuat bersama keluarga.

Gunakan Potongan Origami dan Kertas

Jika Anda memiliki anak di rumah, Anda pasti memiliki origami atau kertas berwarna-warni di rumah. Kertas ini bisa digunakan untuk merapikan pohon natal.

Ajari anak Anda membuat dekorasi menggunakan kertas origami. Desain potongan kertas untuk membuat kepingan salju, rusa kutub, dan sebagainya. 

Gunakan Ranting dan Daun

 Agar lebih kreatif, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti ranting dan daun-daunan yang ada di dekat rumah.

Minta anak untuk membuatnya menjadi suatu ide dekorasi menarik. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer