Sukses


Manfaat Merayakan Hari Natal Bersama Keluarga, Bagus untuk Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Perayaan Natal merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Di hari tersebut, umat Kristiani memperingati hari lahirnya Yesus Kristus.

Umat Kristiani juga tentu telah melakukan persiapan untuk menyambut perayaan Natal. Selain hati, juga mulai dari pohon natal, hadiah hingga makanan khas Natal.

Hari Natal menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat. Umat Kristiani biasanya merayakan malam Natal bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Selain untuk tujuan ibadah, merayakan hari Natal bersama keluarga ternyata membawa banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat merayakan hari Natal bersama keluarga yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (24/12/2021).

2 dari 6 halaman

Mengelola Stres

Momen berkumpul dengan keluarga saat hari Natal bisa dijadikan waktu yang pas untuk mengenal lebih dekat orang-orang yang selama ini ada di sekitar.

Berbagi cerita dan pengalaman dengan orang-orang terdekat dipercaya bisa membuat beban yang selama ini ditanggung bisa sedikit reda. Hal tersebut jika dilakukan bisa membuat kadar stres dalam diri juga akan lebih rendah atau bahkan bisa hilang.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Momen kumpul bersama keluarga akan membuat tubuh bisa mengisi ulang energi, khususnya secara mental. Ketika Anda bercerita atas apa yang sudah dicapai atau dilakukan sepanjang tahun, anggota keluarga pasti akan tertarik untuk mendengarnya.

Hal ini akan membuat Anda menuai pujian dan dukungan. Secara mental, hal tersebut dapat mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat melakukan lebih baik lagi ke depannya.

4 dari 6 halaman

Stimulasi untuk Tumbuh Kembang

Berkumpul dan bermain bersama keluarga saat merayakan hari Natal terbukti dapat menstimulasi kemampuan motorik, sosial, dan komunikasi anak.

Dengan kedekatan dan ikatan keluarga, diharapkan anak dan remaja akan tumbuh menjadi seseorang yang sehat secara fisik maupun mental. Hal tersebut akan membuatnya jauh dari stres dan pelariannya, seperti narkoba, alkohol, bahkan Depresi yang berujung bunuh diri.

Selain itu, momen berkumpul dan bermain bersama anak-anak turut mengurangi kecemasan, melatih komunikasi, dan mengelola stres lebih baik lagi.

5 dari 6 halaman

Relaksasi

Tak hanya tubuh, hati serta pikiran juga membutuhkan waktu untuk bersantai atau relaksasi. Setelah bekerja sepanjang tahun, Anda pastinya tidak terhindar dari masalah, beban atau tanggung jawab berat.

Berkumpul bersama keluarga saat Natal menjadi waktu yang tepat untuk melupakan itu semua. Jadikan pikiran Anda rileks untuk menikmati momen membahagiakan bersama orang-orang terdekat dan tercinta.

6 dari 6 halaman

Melatih Komunikasi

Bagi Anda yang masih merasa sulit dalam berkomunikasi, momen kumpul bersama keluarga bisa menjadi waktu yang tepat untuk melatihnya. Tidak perlu langsung mulai berbicara di depan orang banyak.

Cobalah untuk memulai pembicaraan ringan dengan anggota keluarga yang lain, melatih kontak mata, bertanya dan menjawab dengan jelas. Jika Anda gugup, tidak perlu khawatir.

Anggota keluarga Anda pasti akan memaklumi dan memberikan toleransi yang lebih dibanding orang lain. Alhasil, mereka akan mengerti dan memahami serta memberi dukungan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/12/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer