Sukses


Cara Sederhana Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Bola.com, Jakarta - Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting dan tidak ternilai harganya. Beragam cara dilakukan demi menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Memiliki tubuh yang sehat tentu merupakan dambaan setiap orang. Namun, keinginan tersebut terkadang tidak diiringi dengan gaya hidup sehat.

Banyak orang yang ingin hidup sehat, tetapi mengabaikan gaya hidup hidup sehat dengan makan makanan yang tidak sehat dan tidak pernah berolahraga.

Tak hanya kesehatan secara fisik saja, kesehatan mental juga perlu dijaga. Beragam cara yang bisa dilakukan untuk terus menjaga kesehatan dan kebugaran.

Berikut ini beberapa cara sederhana menjaga tubuh tetap sehat dan bugar yang penting untuk diketahui, seperti dilansir dari laman rumahsakitislam.com, Kamis (23/12/2021). 

2 dari 10 halaman

Berpikiran Positif

Jika dalam diri seseorang sehat, yakni dengan cara berpikir positif maka tubuh pun akan sehat. Gangguan seperti stres dan Depresi justru akan mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Maka itu, teruslah berpikir positif dalam segala sesuatu agar tidak mengalami stres yang berpotensi mengganggu kesehatan. Jika sering berpikiran buruk, energi buruk juga akan menyelimuti tubuh dan memicu stres.

3 dari 10 halaman

Kendalikan Stres

Kelola emosi dengan baik, jangan mudah marah-marah. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri kesehatan sendiri maupun orang lain.

Perasaan sedih, marah, cemas, kecewa, dan sebagainya akan direspons oleh organ tubuh lainnya. Stres yang dialami seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

Maka itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang dimiliki. Jangan pernah menganggap remeht stres. Stres yang tidak segera diatasi akan berubah menjadi depresi.

4 dari 10 halaman

Kenali Bahasa Tubuh

Kelelahan setelah beraktivitas merupakan bahasa tubuh bahwa perlu berisitrahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina.

Istirahat yang cukup dan teratur menjadi kunci hidup sehat. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7-8 jam per hari terpenuhi. Jangan kurang maupun berlebihan, sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

Banyak orang yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka serampangan dan tidak berkualitas. Banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlalu pagi.

5 dari 10 halaman

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan juga penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Orang yang tidak bisa menjaga pola makannya akan mudah terkena penyakit, terutama maag. Berikut ini beberapa tips menjaga pola makan yang baik:

  • Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Makanan dengan gizi seimbang adalah 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makanan ada di makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Maka itu, sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan makanan 4 sehat 5 sempurna.

  • Hindari makan berlebihan atau kurang

Jangan makan berlebihan maupun kurang. Makan berlebihan dapat membuat kegemukan atau obesitas, sedangkan terlalu sedikit berisiko kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, berat badan ideal tubuh pun sehat.

  • Hindari junk food

Makanan sampah disebut juga dengan junk food. Banyak junk food tidak mengandung nutrisi dan bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Agar tubuh tidak mudah sakit, Anda harus menghindari mengonsumsi junk food.

  • Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh. Kita memerlukan makanan berserat untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar.

Makanan berserat berfungsi untuk menghindarkan dari sembelit serta menyehatkan organ pencernaan. Makanan yang tinggi serat juga berguna untuk mengeluarkan racun yang menempel di usus, terutama usus besar.

6 dari 10 halaman

Cukupi Kebutuhan Cairan

Mungkin sebagian orang belum sadar bahwa sebenarnya kita sering sekali kurang cukup meminum air setiap hari. Hal tersebut tidak baik karena air sangat penting bagi tubuh kita.

Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, serta berat badan.

Tetapi, umumnya, kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Setidaknya kita meminum 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jangan kurang, jangan pula berlebihan.

7 dari 10 halaman

Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh membutuhkan vitamin untuk melindungi dan menjaga kesehatan agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C.

Vitamin D berperan menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker serta mengurangi resiko penurunan daya ingat.

Sumber vitamin D dapat berasal dari sinar matahari pagi, telur, ikan, susu dan keju. Jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka tubuh akan mudah terkena kuman dan virus.

Vitamin D berguna sebagai stimulus agar zat antibodi mampu menghasilkan sistem imun yang bisa untuk melawan kuman dan bakteri.

Sementara vitamin C digunakan tubuh untuk menstabilkan sistem imun. Sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh makin bagus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

8 dari 10 halaman

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman, dan virus yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

Itulah mengapa, biasakan diri untuk hidup bersih. Hidup sehat dan bersih menjadi hal yang harus dilakukan di lingkungan sekitar. Jangan sampai memiliki sifat malas untuk bersih-bersih rumah.

Pastikan ruangan yang ditempati dalam kondisi bersih dan bebas dari debu. Tidak kalah penting juga, harus memperhatikan kebersihan makanan dan minuman serta memastikan bebas dari kuman dan virus.

9 dari 10 halaman

Olahraga secara Teratur

Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur, seperti jog,ing, bersepeda dan lainnya. Selain itu bisa juga dengan memperbanyak jalan kaki.

Berdasarkan penjelasan para ahli, berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya. Selain itu, hindari duduk terlalu lama karena dapat membuat badan menjadi cepat lelah.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bagi yang tidak memiliki penyakit jantung bisa berolahraga berat selama 30 menit dalam sehari.

Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar dan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Maka itu, olahraga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

10 dari 10 halaman

Hindari Kebiasaan Buruk

Sudah jelas kebiasaan buruk yang dapat merusak badan, yaitu merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan termasuk konsumsi makanan cepat saji.

Maka itu, jauhilah kebiasaan buruk tersebut. Makanan dan minuman semacam itu mengandung zat kimia berbahaya, yang dapat merusak organ-organ tubuh.

 

Sumber: Web RSI Jakarta Pondok Kopi

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer