Sukses


Macam-Macam Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga, terutama saat musim hujan. Saat curah hujan meningkat, beberapa penyakit lebih mudah menyerang.

Datangnya musim hujan sering membuat lingkungan menjadi kotor, banyak genangan, dan terasa lebih dingin. Kondisi tersebut membuat penyakit muncul.

Berbagai penyakit yang muncul saat musim hujan sangat penting untuk diwaspadai dan diantisipasi. Flu dan demam termasuk jenis penyakit yang sering muncul saat musim hujan.

Selain flu dan demam, masih ada beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan. Bahkan, beberapa di antaranya digolongkan sebagai penyakit serius dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani secara tepat.

Itulah mengapa, agar terhindar dari penyakit yang muncul saat musim hujan, mulailah memperhatikan lingkungan. Jaga kebersihan rumah, badan, penuhi nutrisi, dan buat sistem kekebalan tubuh tetap normal.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan, seperti dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id, Senin (27/12/2021). 

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Penyakit saat Musim Hujan

Asma

Hawa dingin yang terjadi saat musim hujan bisa menjadi pemicu utama munculnya gangguan asma, seperti mengi dan napas pendek.

Maka itu, bagi yang memiliki riwayat asma harus ekstra hati-hati saat cuaca pada musim hujan berubah menjadi lebih dingin.

Norovirus

Norovirus merupakan sejenis virus flu perut yang dapat menular dengan mudah. Penyakit ini bisa menyerang sewaktu-waktu, tetapi akan jadi lebih berbahaya saat kambuh ketika cuaca sedang dingin.

Meski hanya sebentar saat kambuh, penyakit ini bisa sangat mengganggu karena penderita bisa sampai mengalami muntah-muntah parah.

Nyeri sendi

Kebanyakan orang yang memiliki riwayat artitis mengaku kalau saat cuaca sedang dingin, sendi terasa lebih kaku dan nyeri. Memang, sampai skerang belum ada bukti sahih perubahan suhu bisa merusak sendi. Namun, ada baiknya tidak menyepelekan.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Penyakit saat Musim Hujan

Diare

Meski terkesan sederhana, diare bisa mengakibatkan dehidrasi sampai kematian bila tak diatasi dengan baik. Saat musim hujan, umumnya diare diakibatkan oleh kualitas kebersihan yang menurun.

Akibatnya, mikroba bisa terus berkembang. Kuman penyebab diare bermacam-macam, mulai virus, bakteri, hingga jamur.

Musim hujan erat kaitannya dengan peningkatan angka kasus diare. Maka itu, jangan lupa tingkatkan higienitas selama musim hujan.

Serangan Jantung

Saat suhu udara menjadi lebih dingin, tekanan darah meningkat. Hal ini memaksa jantung untuk bekerja ekstra. Belum lagi, ketika cuaca dingin jantung juga harus bekerja lebih berat untuk menjaga suhu tubuh. Maka tidak heran, banyak kasus serangan jantung terjadi pada saat cuaca dingin.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Penyakit saat Musim Hujan

Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD atau demam berdarah dengue merupakan satu di antara jenis penyakit musim hujan yang dapat berujung pada kematian. Meski termasuk penyakit yang bisa sembuh tanpa perawatan khusus (self limiting disease), penyakit ini ditandai dengan sakit pada sekujur tubuh.

Tak hanya itu, demam berdarah juga dapat mengakibatkan komplikasi serta kerusakan pembuluh darah, yang mengarah pada pendarahan fatal dan kebocoran plasma.

Penyebaran penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang telah terinfeksi virus.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Penyakit saat Musim Hujan

Leptospirosis

Pada kasus tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, hingga kegagalan pernapasan.

Biasanya, pengidap penyakit ini akan diikuti munculnya gejala-gejala, seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut.

Jika menggunakan nama ilmiah mungkin memang akan sangat asing. Tetapi, penyakit ini sangat populer saat musim hujan. Penyakit ini biasanya dikenal dengan sebutan penyakit 'kencing tikus'.

Umumnya, manusia yang mengidap penyakit ini tertular melalui air atau tanah yang telah terkontaminasi dengan kencing atau darah dari hewan liar maupun piaraannya.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Penyakit saat Musim Hujan

Malaria

Saat musim hujan tiba, perkembangbiakan nyamuk meningkat, begitu pula wabah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Selain DBD, malaria juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles yang telah infeksi parasit plasmodium.

Penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala, seperti demam yang disertai dengan sakit kepala parah dan badan menggigil yang muncul 10-15 hari setelah terjadi gigitan nyamuk.

Bila terlambat ditangani, wabah malaria akan berkembang dan berisiko mengancam nyawa seseorang yang terjangkit.

 

Sumber: Kemenkes

Video Populer

Foto Populer