Sukses


Daftar Makanan Sehat untuk Hidangan saat Natal, Tak Kalah Lezat

Bola.com, Jakarta - Kerap kali selama periode Natal kita lepas kontrol terhadap apa yang kita santap. Hal itu karena biasanya saat Natal, tersaji berbagai makanan khas Natal yang lezat dan sulit ditolak.

Imbasnya, gangguan kesehatan bisa saja muncul. Seperti naiknya kadar gula darah, kenaikan kolesterol, hingga bertambahnya berat badan. 

Itulah mengapa, Anda harus bisa mengendalikan diri, jangan sampai lepas kendali dengan menyantap secara berlebihan hidangan selama Natal.

Ada cara untuk tetap menjaga kesehatan selama Natal, terutama dari faktor makanan yang Anda santap. Caranya yakni dengan menyajikan menu makanan yang sehat.

Kendati mungkin terdengar tidak menggugah selera, nyatanya beberapa makanan ini tersebut tetap bisa menggoyang lidah Anda dan keluarga.

Nah, berikut ini daftar makanan sehat yang bisa Anda hidangkan dalam momen perayaan Natal, seperti dilansir dari Klikdokter, Jumat (24/12/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat untuk Hidangan saat Natal

1. Ikan Salmon

Jika biasanya saat Hari Natal Anda menyantap daging sapi, kambing, atau ayam, kali ini coba hidangkan ikan salmon. Selain bisa dipanggang, ikan salmon bisa dijadikan sebagai sushi ketika masih mentah.

ikan salmon bagus untuk otak karena di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega-3 yang disertai dengan vitamin A, D, dan selenium. 

Beragam zat ini berfungsi mencegah kerusakan sistem saraf dan bekerja sebagai antidepresan sehingga menenangkan otak. Ikan salmon juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung.

2. Aneka Buah

Buah harus dihidangkan dalam perayaan Natal. Di tengah banyaknya makan berlemak dan tinggi kalori, buah bisa menjadi penyeimbang asupan Anda. 

Dengan kandungan serat, vitamin, dan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya, pencernaan Anda yang kacau akibat campuran makanan yang tidak terkendali, bisa stabil kembali.

Sementara itu, kandungan vitamin dalam buah-buahan baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Cobalah makan jeruk, anggur, pepaya, dan stroberi. Selain rasanya enak, deretan buah-buahan tersebut rendah kalori.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat untuk Hidangan saat Natal

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi sebagai satu di antara makanan sehat di Hari Natal sebagai sumber nutrisi dan antioksidan. 

Bahkan, ada satu penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Jenis kacang-kacangan yang cukup baik adalah almond. Almond merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Takaran 1 ons almond (setara dengan 28 gram) mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, 37 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 32 persen mangan dari asupan yang disarankan, vitamin B2, dan fosfor dalam jumlah yang cukup. 

Almond juga mengandung antioksidan sehingga bisa menstablikan gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan baik untuk kesehatan kulit.

4. Yoghurt

Keistimewaan kandungan yoghurt membuatnya wajib untuk dikonsumsi selama periode Natal.  Dengan mengonsumsi yoghurt, Anda sama saja mengonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram protein dalam 6 ons yoghurt. 

Nutrisi lain terkandung di dalam yoghurt, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potasium, dan magnesium. 

Kandungan probiotik dalam yoghurt juga sangat baik. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. 

Dengan mengonsumsi bakteri baik ini  sistem pertahanan tubuh akan meningkat sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang menyerang saluran cerna.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Sehat untuk Hidangan saat Natal

5. Salad dengan minyak zaitun

Biasanya salad bercampur dengan mayones. Untuk kali ini, coba ganti mayones Anda dengan olive oil.

Melansir dari The Telegraph, konsumsi salad dengan minyak zaitun dapat melindungi jantung Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara dan membantu menurunkan tekanan darah.  

Para peneliti telah menunjukkan bahwa asupan dua sendok teh minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi efek polusi udara pada jantung.

Sementara itu, sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa olive oil dapat menurunkan tekanan darah ketika dimakan dengan sayuran tertentu. Jadi, salad dengan minyak zaitun ternyata perpaduan yang sangat sehat.

 

Sumber: Klikdokter.com (24/12/2018)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer