Sukses


4 Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal Selama Natal dan Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Tak bisa diragukan lagi, tradisi makan bersama keluarga saat Natal dan Tahun Baru menjadi bagian yang paling dinanti. Sebagai bentuk ucapan syukur, biasanya banyak tersaji makanan lezat.

Meski begitu, Anda sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi hidangan lezat selama periode Natal dan Tahun Baru supaya kadar kolesterol Anda tetap terjaga. Menjaga kolesterol tetap dalam batas aman di hari Natal dan Tahun Baru sangat penting.

Bagi Anda pengidap kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kadar kolesterol tetap terkontrol. 

Perlu diingat, kolesterol tinggi merupakan satu di antara pemicu penyakit kardiovaskuler yang utama. Melansir Klikdokter, hampir 40 persen penyakit jantung koroner disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Namun, lantas bukan berarti pengidap kolesterol dilarang untuk mencicipi lezatnya masakan Natal dan Tahun Baru.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol tetap aman selama merayakan Natal dan Tahun Baru.

Berikut ini cara menjaga kolesterol tetap normal di hari Natal dan Tahun Baru, disadur dari Klikdokter, Jumat (24/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal di Hari Natal

1. Mulai dengan Makanan Sehat

Biasanya aneka hidangan Natal dan Tahun Baru baru disajikan pada saat makan siang. Untuk itu, Anda bisa memulai hari dengan sarapan sehat, seperti oatmeal, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan di atas merupakan bahan makanan penurun kolesterol. Jadi, saat menghadapi makanan tinggi kolesterol pada siang hari, Anda tidak terlalu merasa bersalah karena sudah memiliki "tabungan" pada pagi hari.

2. Pilih Piring yang Lebih Kecil

Mungkin cara satu ini terdengar lucu, namun dianggap cukup ampuh dan berhasil. Anda bisa menggunakan piring lebih kecil, selanjutnya isi dengan makanan dan makan secara perlahan.

Kunyah makanan dengan perlahan dan jangan memikirkan apa yang ingin dimakan selanjutnya sebelum menyelesaikan apa yang ada di atas piring. Saat Anda mengunyah dengan cepat, Anda akan mengisinya kembali lebih cepat. Akhirnya, Anda akan makan lebih banyak!

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Normal di Hari Natal

3. Lakukan Jalan Santai setelah Makan Siang

Bagi orang-orang yang dalam pengobatan kolesterol tinggi atau menjaga kadar kolesterol dalam darahnya, sangat dianjurkan melakukan aktivitas fisik.

Untuk itu, setalah menyantap hidangan Natal dan Tahun Baru, jangan hanya duduk. Lakukan jalan santai keluar rumah, sambil melihat-lihat sekeliling, menikmati cuaca.

Anda bisa mengajak kerabat atau keluarga supaya aktivitas jalan santai Anda lebih menyenangkan. Saat mengajak satu atau beberapa orang, Anda akan makin banyak mengobrol dan tertawa. Dua aktivitas ini diketahui bisa membakar kalori.

4. Konsumsi Suplemen Makanan

Mengonsumsi suplemen untuk menjaga kolesterol tetap normal dapat Anda lakukan. Namun, disarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/12/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer