Sukses


5 Cara Merawat Pohon Natal agar Tahan Lama

Bola.com, Jakarta - Menghias pohon natal menjadi tradisi umat Kristiani memasuki bulan Desember. Bentuk hiasan di pohon natal beragam dan bisa berbeda di setiap daerahnya.

Pada umumnya, pohon natal dibuat menggunakan pohon pinus dan dihiasi dengan berbagai jenis pernak-pernik yang bisa membuat pohon menjadi terlihat lebih indah.

Termasuk memasang lampu berkelip-kelip dan berwarna-warni agar pohon natal terlihat cantik apabila lampu ruangan dimatikan ketika malam hari.

Kebiasan lainnya yang dilakukan umat Kristiani adalah meletakkan kado di bawah pohon natal, yang nantinya diberikan kepada anggota keluarga yang lebih muda.

Seiring berjalannya waktu, ada pohon natal buatan yang terbuat dari plastik. Meski begitu, masih banyak yang memilih menggunakan pohon pinus asli.

Bagi Anda yang memiliki untuk menggunakan pohon pinus asli dan bukan buatan, Anda perlu memberikan perhatian ekstra agar pohon natal tahan lama. 

Berikut lima cara merawat pohon natal asli agar tetap hidup sehat dan tahan lama, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (24/12/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Merawat Pohon Natal agar Tetap Hidup Sehat dan Tahan Lama

1. Perhatikan Saat Menghias

Sebaiknya hias pohon Natal asli Anda di luar rumah sebelum membawanya masuk. Sebab, biasanya kotoran yang dibawa pohon asli cukup sulit dihilangkan ketika menempel di karpet dalam rumah.

Hal tersebut juga meminimalkan kerusakan pohon yang bisa terjadi karena mencoba untuk membersihkannya di ruangan yang lebarnya cukup terbatas.

2. Perhtaikan Binatang Peliharaan Anda

Kucing dan anjing di rumah pasti suka mengendus dan bahkan merusak pohon natal yang sudah Anda hias. Jadi, sebaiknya lindungi pohon natal Anda dari binatang peliharaan di rumah.

Selain itu, hewan seperti kucing dan anjing kerap buang air sembarang. Menjauhkan hewan peliharaan dari pohon natal bisa menjaganya tetap sehat.

3. Perhatikan Lampu

Gunakan lampu yang tidak membuat suhu kamar menjadi terlalu panas. Sebab ada kemungkinan lampu yang terlalu panas bisa membakar pohon natal Anda yang asli.

Anda bisa menggunakan lampu LED berwarna hangat yang tidak terlalu panas, atau mencari lampu strip yang mudah dipasangkan di pohon natal.

4. Perhatikan Batang

Pohon susah berdiri? Jangan ragu memotong batangnya dan menemukan posisi yang seimbang untuk pohon. Bersihkan pula daun-daun yang mengering agar pohon natal tampak hijau berseri.

5. Menyiram

Karena Anda menggunakan pohon Natal yang asli, jangan lupa untuk tetap menyiramnya setiap hari. Hal itu dilakukan agar pohon tampak segar dan tidak mudah layu sampai beberapa hari setelah Natal.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rizqi Adnamazida. Published: 25/12/2012)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer