Sukses


Macam-Macam Bentuk Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan

Bola.com, Jakarta - Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya. Kelincahan menjadi bagian penting dalam banyak cabang olahraga, seperti sepak bola, basket dan sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kelincahan adalah kemampuan bergerak atau berubah arah dan posisi tubuh secara cepat dan terkontrol.

Latihan kelincahan merupakan bagian penting dari program kebugaran secara menyeluruh. Namun, aktivitas tersebut biasanya terabaikan saat sedang berolahraga.

Padahal, kelincahan termasuk bagian penting yang harus terus dilatih. Seseorang dengan tingkat kelincahan yang baik biasanya mempunyai kecepatan dan akurasi yang tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memiliki tingkat kelincahan yang tinggi. Penting pastinya mengetahui latihan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kelincahan tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam latihan untuk meningkatkan kelincahan, seperti dilansir dari laman smktarunabangsa.sch.id, Selasa (28/12/2021).  

2 dari 7 halaman

Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)

Latihan pertama yang dapat dilakukan untuk memiliki tubuh yang lincah adalah dengan melakukan latihan lari lurus dengan bolak-balik. Jenis latihan ini dikenal juga dengan nama lain yaitu shuttle run.

Untuk melakukannya, pertama posisikan tubuh dalam posisi jongkok. Pastikan agar satu di antara kaki berada di posisi depan. Setelah mendapat aba-aba, sudah dapat memulai berlari dalam trek lurus.

Sampai di pengujung trek, dapat kembali lari ke arah berlawanan. Gerakan ini sering disebut dengan lari bolak-balik. Rasakanlah reaksinya jika dilakukan secara rutin. Tak hanya kelincahan, latihan ini juga termasuk latihan kecepatan yang bisa dicoba.

3 dari 7 halaman

Latihan Lari Zig Zag

Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan adalah dengan lari zig-zag. Melakukan lari secara zig-zag bertujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada otot kaki. Jadi, selain kelincahan, latihan ini bisa melatih kekuatan otot kaki.

Cara pertama untuk dapat berlatih kelincahan dengan cara ini adalah dengan memposisikan tubuh secara tegak.

Kemudian kedua tangan berada di samping badan. Lalu pandangan ke depan sambil menunggu aba-aba. Jika ada aba-aba start, lakukanlah gerakan lari secara belok-belok baik ke arah kanan maupun kiri secara bergantian.

Koordinasi antara mata, kaki, dan otak dalam melakukan lari zig zag sangat penting untuk melatih kelincahan.

4 dari 7 halaman

Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak

Latihan ketiga untuk mendapatkan reaksi kelincahan ialah dengan menggunakan bantuan balon berisi udara, sebagai beban pada tubuh. Itulah sebabnya, latihan ini tak hanya menghasilkan kelincahan, tetapi juga dapat memperkuat sistem otot tubuh secara keseluruhan.

Untuk dapat melakukan latihan ini, posisikan tubuh secara tegak lurus. Selanjutnya pasanglah balon udara dengan diikat di perut secara kuat.

Sambil tetap adanya balon udara yang terikat di tubuh, mulailah berlari. Latihan ini juga termasuk jenis olahraga untuk melatih pernapasan yang efektif.

5 dari 7 halaman

Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Latihan keempat dilakukan dengan cara melakukan jongkok lalu berdiri secara berulang-ulang. Gerakan ini dikenal dengan nama squat thrust.

Latihan kelincahan ini dilakukan dengan posisi awal jongkok, kemudian berdiri lagi. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan postur tubuh secara bertahap.

Walau gerakannya sangat sederhana, tetap perlu hati-hati. Jika ingin mencobanya, posisikan tubuh secara tegak lurus, kemudian jika ada aba-aba, mulailah berhitung sambil jongkok dan kedua tangan menyentuh ke lantai.

Setelah itu, berdiri lagi. Lakukan latihan tersebut secara berulang-ulang untuk melatih otot tubuh dan beberapa bagian tubuh yang lain agar menjadi lebih lincah.

6 dari 7 halaman

Latihan dengan Lompat Tangga

Latihan kelima bisa dilakukan dengan cara melakukan lompat tangga. Gerakan ini sangat berguna untuk mencapai suatu tingkatan refleks kaki dan kelincahan yang baik.

Gerakan ini bermanfaat untuk melatih fisik tubuh agar kuat dan membuat sistem peredaran darah dalam tubuh lancar. Tubuh juga menjadi tidak kaku lagi dan dapat lebih cepat menunjukkan refleks.

Langkah pertama dari latihan ini adalah dengan memposisikan badan secara tegak lurus. Jika ada aba-aba, mulai lakukan gerakan lompatan tangga dengan satu di antara kaki.

Lakukan gerakan tersebut secara bergantian agar memiliki otot kaki yang lebih lincah.

7 dari 7 halaman

Latihan dengan Agility Balls

Terakhir, lakukan latihan dengan menggunakan agility balls. Gerakan ini akan melatih ketangkasan dalam melakukan lempar tangkap bola yang berukuran kecil.

Dalam melakukannya dapat mulai dengan bola yang dipantulkan ke tembok. Bagaimana cara menghadapi pantulan bola inilah yang menjadi refleks atau tingkat kelincahan yang ditunjukkan oleh tubuh.

Lakukan latihan tersebut sampai refleks terhadapan pantulan bola makin baik.

 

Sumber: Web SMK Taruna Bangsa

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer