Sukses


6 Cara Menggendong Bayi dengan Benar, Perlu Orang Tua Perhatikan

Bola.com, Jakarta - Setelah bayi lahir, ada berbagai hal yang perlu orang tua perhatikan dengan saksama, satu di antaranya yang paling penting adalah cara menggendong.

Menggendong bayi untuk pertama kali memang tidak mudah, rasa gugup dan takut jika bayi akan terjatuh pasti menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua baru.

Namun, bagi orang tua baru terutama ibu, bisa berlatih cara menggendong bayi dengan benar dan aman.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggendong bayi, satu hal yang terpenting adalah mencuci tangan karena sistem kekbalan tubuh bayi belum sempurna.

Setelahnya, buatlah diri Anda nyaman terlebih dahulu dan jauhkan dari rasa gugup yang menyelimuti, seiring waktu orang tua akan mulai terbiasa dengan sendirinya.

Lantas, bagaimana cara menggendong bayi agar aman dan nyaman?

Berikut enam cara menggedong bayi dengan benar, yang perlu orang tua perhatikan, seperti disadur dari Fimela, Kamis (30/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menggendong Bayi dengan Benar

1. Menggendong di Bahu

Posisi ini merupakan satu di antara yang paling natural untuk bayi baru. Angkat bayi setinggi bahu, lalu letakkan kepalanya di bahu kita sehingga dia bisa melihat ke belakang.

Sangga kepala dan lehernya dengan satu tangan, dan tangan satunya memegang bagian bawah. Posisi ini memungkinkan bayi mendengar detak jantung kita.

2. Menggendong dalam Posisi Mengayun

Ini juga cara menggendong sederhana dan alami untuk membuai bayi agar tertidur. Dengan posisi bayi sejajar dengan dada, letakkan kepala bayi di siku kita dan pastikan kepala dan leher tertopang dengan benar.

Kita bisa sambil mengayunkan tangan dari leher ke bawah dan pinggul. Dekatkan bayi pada dada dan cara ini dapat membuatnya tertidur.

3 dari 4 halaman

Cara Menggendong Bayi dengan Benar

3. Menggendong Telungkup dengan Satu Tangan

Baringkan bayi dengan perut menghadap ke bawah di satu di antara lengan kita. Biarkan kakinya menggantung pada kedua sisi tangan kita. 

Pastikan punggung bayi terletak sempurna di tangan kita. Posisi ini bisa membantu saat bayi bersendawa dengan mengusap lembut punggungnya agar melepaskan gas.

4. Menggendong Face-to-Face

Sangga kepala dan leher bayi dengan satu tangan. Sementara tangan satunya memegang bagian pantatnya. 

Sekarang, gendong bayi tepat di bawah dada menghadap wajah Anda. Nikmatilah posisi ini sambil berinteraksi dengan bayi Anda, seperti membuatnya tersenyum dan bersenang-senang.

4 dari 4 halaman

Cara Menggendong Bayi dengan Benar

5. Menggendong Seperti Posisi Kursi

Posisi ini membuat seolah-olah ia sedang duduk di kursi. Untuk menggendong dalam posisi tersebut, biarkan bayi bersandar dan bertumpu pada dada agar kepalanya tertopang sempurna.

Letakkan tangan yang lain di bawah pantatnya dan kembali pastikan mendapat pegangan yang baik. Posisi ini tidak disarankan untuk bayi di bawah tiga bulan.

6. Posisi Menyusui

Topang leher dan kepala bayi dan punggung dengan tangan. Sesuaikan kepala dan leher bayi dengan tangan lainnya.

Buat bayi meringkuk ke samping tubuh Anda dengan kaki terentang ke belakang. Dekatkan si kecil ke dada Anda. Dan gunakan tangan lain yang bebas untuk memberi dukungan ekstra pada kepala.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Novi Nadya. Published: 29/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer