Sukses


Macam-Macam Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Bola.com, Jakarta - Pergantian tahun menjadi momen yang sering ditunggu-tunggu banyak orang di dunia. Untuk menyambut tahun baru, banyak orang punya resolusi, doa, dan harapan baru.

Umumnya, perayaan Tahun Baru identik dengan pesta kembang api, meniup terompet, dan berkumpul bersama orang-orang terdekat. Biasanya, orang-orang akan pergi berkumpul di lapangan luas untuk menyaksikan berbagai pertunjukan di malam tahun baru.

Selalu ada ritual atau perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun baru. Bahkan, ada beberapa negara yang memiliki perayaan tahun baru cukup berbeda dan unik.

Negara mana sajakah yang memiliki perayaan tahun baru terunik di dunia?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam tradisi unik perayaan tahun baru di dunia, seperti disadur dari Kapanlagi, Jumat (29/12/2021).

2 dari 6 halaman

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Taica, Chile

Saat perayaan malam tahun baru, para keluarga di Chile akan merayakan tahun baru bersama dengan anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Mereka akan mendekorasi makam dengan berbagai benda.

Setelah itu, para anggota keluarga mengelilingi makam tersebut. Apa yang dilakukan tersebut berdasarkan kepercayaan bahwa orang tercinta yang ada di keluarga akan menunggu di pemakaman dan memulai tahun baru bersama mereka.

Tradisi tersebut dimulai sejak 1995 oleh sebuah keluarga yang melompati pagar pemakaman di tahun baru. Hingga sekarang tradisi ini diikuti oleh banyak orang setempat, tepatnya di Talca, yaitu kota kecil di Chile.

Roma, Italia

Udara dingin tak menyurutkan niat sekelompok orang untuk memeriahkan tradisi perayaan pergantian tahun. Orang-orang bergantian melompat dari jembatan Cavour dan menceburkan diri di Ssungai Tiber.

3 dari 6 halaman

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Jepang

Tradisi unik untuk menyambut tahun baru di Jepang, yaitu membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Umumnya beberapa negara sebelum jam menunjukkan jam 00.00, jam atau bel terbesar akan mulai berdentang setiap detik atau hitungan mundur selama 12 kali hingga pukul 00.00.

Namun, berbeda dengan Jepang, bel atau lonceng yang ada di kuil Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sesuai kepercayaan Buddha di Jepang.

Hal itu dipercaya akan mengusir kejahatan dan dosa manusia. Uniknya lagi, orang-orang Jepang dengan kepercayaan tinggi saat di kuil akan menggunakan kostum yang melambangkan shio untuk tahun mendatang.

Rusia

Penduduk negara ini memiliki tradisi unik dalam perayaan tahun baru, yakni dengan menulis harapan di selembar kertas kecil kemudian membakar dan menaruhnya digelas. Setelah itu diminum bersama dengan minuman beralkohol.

4 dari 6 halaman

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Denmark

Warga Denmark mempunyai kebiasaan merayakan tahun baru dengan cara memecahkan piring. Mereka melakukan itu dengan melemparkan piring-piring  ke rumah tetangga mereka.

Diyakini jika rumah yang paling banyak dilempari piring adalah orang yang mempunyai banyak teman dan disukai banyak orang.

Skotlandia

Setiap 31 Desember di Skotlandia mengadakan festival tahun baru yaitu Festival Hogmanay. Biasanya lelaki dewasa yang banyak jadi pesertanya.

Mereka berparade lewat jalan-jalan sambil memegang bola-bola api. Saat malam tahun baru jalanan kota di Skotlandia dipenuhi panorama bola-bola api.

Festival ini adalah kebiasaan turun-temurun. Mereka yakin bola-bola api itu juga sebagai simbol pemurnian dan pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin dingin cepat berlalu.

5 dari 6 halaman

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Ekuador

Ekuador merayakan tahun baru dengan api. Api dipakai untuk membakar orang-orangan sawah yang umumnya terbuat dari kumpulan kertas serta bilah-bilah kayu.

Pembakaran dikerjakan tengah malam tepat pukul 00.00, waktu perubahan tahun. Mereka yakin dengan membakar orang-orangan sawah maka kejelekan sepanjang tahun yang telah dilalui juga terbakar.

Orang-orangan sawah itu dipercaya membuat tahun yang baru bisa membawa keberuntungan serta kebahagiaan.

Brasil

Masyarakat Brasil percaya dengan mengenakan pakaian dalam warna-warni waktu malam tahun baru akan membuat nasib baik menghampiri mereka. Biasanya mereka mengenakan pakaian dalam dengan beberapa warna nyala, seperti merah atau kuning.

Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta sedangkan warna kuning untuk mencapai kemakmuran lebih mudah.

6 dari 6 halaman

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Spanyol

'Las doce uvas de la buena suerte' merupakan suatu istilah dalam bahasa Spanyol yang berarti 12 anggur keberuntungan. Jadi, 12 detik sebelum jam 00.00 saat pergantian tahun, masyarakat Spanyol akan memakan satu buah anggur untuk setiap dentang waktu yang berbunyi.

Jumlah 12 anggur ini juga mewakili keberuntungan pada setiap bulan pada tahun yang akan datang. Tradisi ini menjadi tradisi unik Spanyol setiap tahunnya.

Filipina

Perayaan malam tahun baru di Filipina disemarakkan dengan pemakaian beragam pernak-pernik berbentuk bulat. Masyarakat Filipina berupaya memakai sebanyak-banyaknya pernak-pernik berbentuk bulat saat malam pergantian tahun.

Kebiasaan yang diyakini warga Filipina tersebut dipercaya sebagai perwujudan kesejahteraan, kemakmuran serta kekayaan yang akan menyelimuti mereka sepanjang tahun yang baru.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Published: 3/1/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer