Sukses


6 Cara Menumbuhkan Kuku Lebih Cepat, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Kuku bersih, sehat, dan kuat tentu menjadi dambaan banyak orang, khususnya kalangan perempuan. Apalagi, bagi orang yang gemar memanjangkan kuku.

Anda bisa mengecatnya dengan beragam gaya tanpa takut kuku akan menjadi patah dan rapuh.

Hanya, tidak semua orang dianugerahi kuku yang cepat tumbuh dan kuat. Beberapa kondisi dapat menyebabkan pertumbuhan kuku lambat dan cenderung rapuh.

Itulah mengapa, cara menumbuhkan kuku lebih cepat perlu menjadi perhatian. Terlebih cara tersebut terbilang cukup murah dan tak perlu menguras isi dompet.

Berikut cara menumbuhkan kuku lebih cepat, dinukil dari Klikdokter, Kamis (30/12/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menumbuhkan Kuku Lebih Cepat

1. Gunakan Biotin

Biotin merupakan jenis vitamin B7 yang berperan untuk mengubah asupan menjadi energi. Biotin juga sering direkomendasikan sebagai suplemen untuk membantu memelihara dan meningkatkan kekuatan kuku serta rambut.

Beberapa studi pada manusia menunjukkan, makan suplemen biotin tiap hari bisa membantu memperkuat kuku. Selain itu, ahli mengatakan dosis 2,5 miligram biotin per hari bisa meningkatkan kekuatan kuku dalam beberapa minggu saja.

Biotin dapat ditemukan dalam ragi, telur, ikan sarden, kacang dan biji-bijian utuh, pisang, dan jamur.

2. Bijak Memakai Pengeras Kuku

Para ahli menyarankan penggunaan pengeras kuku untuk mencegah patah. Zat ini diusapkan langsung seperti cat kuku, lalu dibersihkan dengan penghapus cat kuku.

Bahan ini memang dapat membantu menguatkan kuku serta mencegah kerusakan jangka pendek. Namun, ahli mengatakan penggunaan pengeras kuku yang berkepanjangan justru bisa membuat kuku jadi lebih rentan patah.

3. Hindari Sering Pakai Lem Kuku dan Kuteks yang Beracun

Cara memanjangkan kuku dengan cepat selanjutnya adalah menghindari lem kuku dan kuteks beracun. Ya, penelitian menemukan, sering menggunakan lem kuku palsu bisa melemahkan kuku hingga membuatnya rentan patah.

Jadi, pilih kandungan nail polish yang berbahan dasar air. Hindari kuteks dengan bahan kimia beracun, misalnya formaldehidatoluenadibutil ftalat (DBP).

3 dari 3 halaman

Cara Menumbuhkan Kuku Lebih Cepat

4. Rawat Kuku dengan Baik

Cara menumbuhkan kuku berikutnya adalah dengan merawatnya secara teratur. Hal ini merangsang pertumbuhan kuku serta mengurangi kerusakan.

Ada beberapa cara agar kuku tetap terawat, di antaranya:

  • Jaga kuku tetap bersih dan kering untuk mencegah bakteri yang tumbuh di bawahnya.
  • Gunakan gunting kuku yang lurus dan tajam. Bulatkan ujung kuku menjadi bentuk kurva yang lembut.
  • Lembapkan kuku dan tangan dengan losion. Pastikan untuk mengoleskan losion ke kuku, utamanya di dasar tempat kutikula berada.
  • Hindari menggigiti kuku atau memotong kuku terlalu pendek.

5. Konsumsi Makanan Seimbang

Nutrisi yang cukup adalah kunci untuk pertumbuhan kuku yang sehat dan kuat. Coba untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan

Beberapa nutrisi ini bisa jadi pilihan terbaik Anda:

  • Sistein: ayam, kalkun, yoghurt, kacang-kacangan.
  • Folat: bayam, asparagus, selada romaine, alpukat, kacang hijau.
  • Zinc: tiram, daging sapi, kepiting, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal.
  • Vitamin A: ubi jalar, wortel, labu, mangga.
  • Vitamin C: paprika, buah jeruk, stroberi, kubis brussel, buah kiwi.

6. Jangan Menekan, Mencopot, dan Menggigit Kuku

Hindari menggigit, menekan, atau mencopot paksa kuku. Bila Anda punya kebiasaan menggigit kuku saat cemas atau stres, kurangi dengan mengoleskan handcream atau balsem di kutikula. Hal ini bisa mengurangi keinginan menggigit kuku.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/7/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer