Sukses


Kaleidoskop Olahraga 2021: Greysia / Apriyani Jaga Tradisi Emas Olimpiade, Piala Thomas Kembali Direngkuh, dan Italia Jawara Euro 2020

Bola.com, Jakarta - Momen-momen fenomenal, ikonik, mengharukan, dan mendebarkan mewarnai dunia olahraga dunia sepanjang tahun ini, yang terangkum dalam kaleidoskop olahraga 2021. Bagi dunia olahraga Indonesia, ada dua prestasi hebat dan luar biasa yang ditorehkan pada 2021. 

Yang pertama, keberhasilan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjaga tradisi emas di kancah Olimpiade. Mereka mengukir tinta emas tersebut setelah mengalahkan pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, di final Olimpiade Tokyo 2020, yang berlangsung pada 2 Agustus 2021, dengan skor 2-19, 21-15. 

Sejak dipertandingkan pada Olimpiade Barcelona 1992, tim bulutangkis Indonesia hampir selalu menyumbangkan medali emas di setiap Olimpiade, kecuali di London pada 2012. 

Setelah itu, tradisi emas bulutangkis terjaga lewat ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Tahun ini, Greysia/Apriyani memberi kejutan di Tokyo, padahal sektor ganda putri bukan tumpuan utama meraih titel bergengsi itu. 

Momen tak kalah mengharukan adalah keberhasilan tim bulutangkis Indonesia membawa pulang gelar Piala Thomas 2020, pada 17 Oktober 2021, di Aaarhus, Denmark. 

Indonesia berhasil meraih trofi Piala Thomas 2020, setelah membungkam China 3-0 pada laga final. Hasil tersebut mempertegas hegemoni Indonesia di turnamen yang telah berlangsung sejak 1949 tersebut. 

Trofi tersebut terasa spesial untuk Indonesia, karena menjadi yang perdana direngkuh dalam 19 tahun terakhir di Piala Thomas.

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara tersukses di ajang tersebut. Indonesia tercatat sukses meraih 14 gelar juara di Piala Thomas, unggul empat gelar atas China yang berada di urutan kedua. 

Di kancah sepak bola internasional, Timnas Italia berjaya menjuarai Euro 2020, pada 12 Juli 2021. Timnas Italia berhasil menjadi juara Euro 2020 setelah mengalahkan Timnas Inggris melalui adu penalti dengan skor 3-2. Gli Azzurri pun gagalkan rencana football is coming home milik The Three Lions.

Dari sepak bola di Tanar Air, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akhirnya kembali bergulir setelah lama berhenti karena pandemi Covid-19. Adapun Timnas Indonesia berkiprah di Piala AFF 2020, hingga menembus final. Hingga berita ini ditulis, Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Thailand di leg pertama final. Leg kedua akan digelar tepat pada hari pertama tahun 2022. 

Momen lain yang meninggalkan kesan adalah keputusan pembalap legendaris, Valentino Rossi, pensiun dari MotoGP. Setelah lebih dari dua dekade menjadi ikon balap motor dunia, The Doctor akhirnya memilih gantung helm. 

Berikut ini kilas balik momen-momen fenomenal, ikonik, dan mengharukan di kancah olahraga dunia sepanjang 2021.  

 

Simak Video Kaleidoskop Olahraga 2021

Video Populer

Foto Populer