Sukses


12 Cara Keluar dari Zona Nyaman yang Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Tidak sedikit orang yang bertahan pada situasi zona nyaman atau biasa disebut "comfort zone". Hal ini dikarenakan mereka enggan atau takut terjun ke dunia yang baru.

Zona nyaman adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa nyaman dan aman dengan keadaan saat ini baik perihal pekerjaan, lingkaran pertemanan maupun rutinitas sehari-hari.

Mungkin Anda saat ini sedang merasakan berada di zona nyaman sehingga memilih untuk bertahan.

Perlu diketahui, berada di zona nyaman bisa membuat Anda kehilangan banyak kesempatan berharga. Pasalnya, jika sampai Anda terjebak dalam zona nyaman, membuat Anda kurang tertarik untuk mencoba berbagai hal baru atau untuk meraih pencapaian yang lebih.

Untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih berkembang, ada baiknya Anda harus memaksakan diri keluar dari zona nyaman. Tidak ada salahnya jika Anda "menantang" keluar dari zona nyaman demi meraih kesuksesan lebih.

Kendati demikian, keluar dari zona nyaman memang tak mudah untuk dilakukan. Namun, Anda bisa mencobanya dengan mempraktikkan beberapa langkah kecil terlebih dulu.

Berikut ini cara-cara keluar dari zona nyaman yang mudah dipraktikkan, dinukil dari Positivityblog, Rabu (5/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Keluar dari Zona Nyaman

1. Makan Menu yang Tidak Biasa

Alih-alih memilih hidangan berbahan dasar daging saat makan siang, cobalah alternatif vegetarian. Atau cobalah ikan jika Anda biasanya memilih daging sapi.

2. Tersenyumlah kepada Semua Orang

Daripada hanya menjalani hari Anda dengan cara sosial yang normal, cobalah lebih banyak tersenyum. Tersenyumlah ke rekan kerja Anda, wanita kasir di supermarket, orang-orang terdekat Anda, dan tersenyumlah pada diri sendiri ketika Anda bercermin. Lihat apa yang terjadi.

3. Masak Sesuatu yang Baru

Setiap minggu Anda mencoba memasak resep baru. Ini merupakan eksperimen yang mudah dan membantu kita menemukan sajian terkadang tak terduga sehingga menjadi resep favorit baru. Hal ini juga akan membuatmu makin piawai di dapur.

4. Bekerja dalam Keheningan Total

Tutup pintu kantor Anda, matikan musik Anda, matikan internet, dan hanya fokus melakukan hal terpenting yang dapat Anda lakukan hari ini sambil menikmati keheningan.

3 dari 4 halaman

Cara Keluar dari Zona Nyaman

5. Berbelanja untuk Kebutuhan Seminggu

Alih-alih berbelanja bahan makanan saat Anda merasa ingin atau perlu, rencanakan dengan tenang apa yang akan Anda makan dan butuhkan selama seminggu penuh. Pergilah dan dapatkan semua itu di toko.

Sekarang Anda tidak perlu kembali ke sana selama seminggu dan Anda mungkin akan memiliki banyak waktu luang ekstra (dan lebih sedikit stres) untuk dinikmati minggu ini.

6. Tonton Sesuatu yang Aneh

Jika Anda biasanya menonton film thriller maka cobalah komedi romantis. Jika Anda paling sering terjebak dengan film dokumenter, cobalah film animasi dari Jepang. Perluas apa yang Anda tonton untuk mendapatkan ide dan kesan baru.

7. Luangkan Waktu Sehari untuk Bersantai

Habiskan satu hari dalam seminggu secara santai (biasanya Sabtu atau Minggu). Kebiasaan itu bisa membuat ANda terasa seperti sedang berlibur kecil, sehat, dan ekstra santai. Plus, cara ini membuat Anda lebih siap untuk kembali bekerja pada hari Senin.

8. Ambil Rute yang Berbeda 

Cobalah mengambil rute yang berbeda dari yang biasa Anda lewati menuju dan sepulang dari sekolah, kantor, atau gym.

Lihat sesuatu yang baru sepanjang perjalanan, bahkan saat Anda berada dalam segala moda transportasi yang Anda pilih.

 

4 dari 4 halaman

Cara Keluar dari Zona Nyaman

9. Berjalan Kaki atau Naik Sepeda ke Kantor

Bukannya naik mobil, motor, atau naik bus seperti biasa, coba untuk berjalan kaki atau naik sepeda menuju tempat kerja.

Anda bisa berolahraga dan menghirup udara segar sebelum mulai bekerja atau saat dalam perjalanan pulang.

10. Pergi Keluar

Jika Anda biasanya tinggal selama hari kerja, teleponlah beberapa teman dan pergilah ke kafe selama beberapa jam, meski saat itu weekday.

Atau telepon seseorang yang sudah lama tidak Anda temui dan nikmati secangkir teh atau kopi. Atau mampir ke bioskop dan menonton film.

11. Buang Barang yang Sudah Tidak digunakan dalam Satu Tahun

Telusuri satu bagian rumah Anda – lemari, laci di meja atau lemari kamar tidur Anda – dan lihat apa yang ada di dalamnya.

Periksa item satu per satu dan tanyakan pada diri sendiri: 'Sudahkah saya menggunakan barang ini dalam setahun terakhir?' Jika tidak, berikan barang itu untuk amal atau teman atau buang saja.

12. Sehari tanpa Berita

Alih-alih membaca koran atau menonton berita seperti biasa, cobalah untuk tidak melakukannya selama sehari. Lihat bagaimana hal itu memengaruhi Anda dan seberapa besar Anda melewatkan berita.

 

Sumber: Positivityblog

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer