Sukses


5 Cara Membuat Kucing Lebih Banyak Minum Air

Bola.com, Jakarta - Selayaknya manusia, makan dan minum juga menjadi kebutuhan utama yang diperlukan oleh kucing. Hal tersebut agar kucing tetap hidup dan terjaga kesehatannya dengan baik.

Khususnya perihal minum air, terkadang kucing rumahan enggan sembarang minum. Adakalanya setelah melahap makanannya, mereka melewati tempat minum.

Padahal, air memegang peran penting dalam menjaga kesehatan sahabat berbulu Anda tersebut. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan minum air, satu di antaranya adalah penyakit ginjal.

Untuk memastikan kucing Anda terhidrasi dengan baik memang terlihat rumit karena kita tidak bisa memantaunya sepanjang waktu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar sahabat kecil Anda itu mau meminum air lebih banyak.

Setelah dorong kucing untuk tetap terhidrasi, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan terbaik bagi teman berbulu Anda itu.

Berikut lima cara membuat kucing lebih banyak minum air, yang bisa Anda coba di rumah, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (5/1/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kucing Lebih Banyak Minum Air

1. Berikan Pilihan

Beberapa kucing suka menjilat dari mangkuk, sementara yang lain menikmati air mancur yang beriak. Cobalah siapkan beberapa jenis dispenser berbeda yang ditempatkan di seluruh rumah dan lihat apa reaksi kucing Anda.

Untuk kucing ekstra rewel, letakkan mangkuk yang terbuat dari bahan yang berbeda. Beberapa kucing mungkin menganggap mangkuk kaca lebih baik daripada plastik.

2. Tetap Segar dan Bersih

Jika segelas air telah didiamkan selama berhari-hari, Anda tentu tidak akan mau meminumnya. Kucing pun tidak berbeda, dia mungkin memalingkan hidungnya ke mangkuk airnya karena kotor dan basi.

Maka ditu, bersihkan mangkuknya secara teratur, bahkan mungkin setiap hari dan pastikan kucing tahu kalau Anda selalu menuangkan air baru.

3. Jauhkan dari Tempat Pakan

Dilansir International Cat Care, kucing cenderung tidak menyukai wadah air minum yang diletakkan di samping wadah pakan. Kucing juga tidak menyukai wadah air minum yang bersambung dengan wadah pakan.

Kucing akan lebih banyak minum jika wadah air minum sedikit terpisah jauh dari wadah pakan. Letakkan wadah tersebut di tempat tenang yang jarang dilalui orang.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kucing Lebih Banyak Minum Air

4. Cobalah Berbagai Jenis Air

Bukan tentang air pancuran atau yang sudah tersedia di mangkuk, melainkan apa yang ada di dalam air. Kandungan fluorida dalam air keran memang baik membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gigi, tetapi teman kucing Anda mungkin menganggapnya menjijikkan.

Coba berikan dia air kemasan bebas fluoride atau gunakan filter air (filter tidak akan menghilangkan fluoride, tetapi mungkin membuat air keran terasa lebih enak).

Anda juga bisa bereksperimen dengan suhu yang berbeda. Kebanyakan kucing lebih suka air minum mereka pada suhu kamar, tetapi beberapa mungkin menyukai air yang didinginkan dengan baik.

5. Isi Sampai Penuh

Kucing suka airnya mencapai sampai penuh dalam mangkuk agar mudah menjilatinya. Meski, hal ini mungkin mengubah area minum mereka menjadi zona basah, jadi simpan handuk di dekatnya.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Gilar Ramdhani. Published: 29/9/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer