Sukses


7 Cara Mengatasi Mata Sembap, Bikin Tetap Pede

Bola.com, Jakarta - Menangis adalah satu di antara cara mengeluarkan perasaan sedih. Namun, menangis terus-menerus/terlalu lama akan membuat mata sembap atau bengkak setelahnya.

Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman. Pasalnya, mata sembap bisa menurunkan penampilan maupun rasa percaya diri Anda.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Mata sembap bukan kondisi gawat yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Kondisi tersebut bisa Anda atasi dengan terapi rumahan.

Ada beberapa cara mengatasi mata sembap yang cukup mudah dan efektif. Bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Berikut cara mengatasi mata sembap, disadur dari Klikdokter, Rabu (5/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mata Sembap

1. Kompres dengan air dingin

Untuk meredakan bengkak, Anda bisa mengompres mata dengan air dingin. Caranya, tuangkan air dingin ke dalam mangkuk, ambil kain atau handuk kecil dan rendam selama satu menit.

Setelah kain atau handuk berubah menjadi dingin, peras sampai tidak ada air yang tersisa. Lalu, tempelkan ke bawah mata Anda dan pijit secara lembut. Ulangi metode ini beberapa kali hingga mata terlihat lebih baik dari sebelumnya.

2. Kompres dengan timun

Selain menggunakan air dingin dan es batu, Anda bisa menggunakan irisan timun untuk mengatasi mata sembap. Sensasi dingin yang diberikan oleh timun bisa membantu meredakan bengkak yang dialami oleh mata.

3. Kompres dengan sendok

Anda bisa menggunakan sendok untuk meredakan mata sembap. Caranya, masukan sendok ke kulkas selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, letakan bagian belakang sendok yang telah didinginkan di bawah kelopak mata.

Lakukan secara hati-hati karena sensasi dingin yang disalurkan melalui sendok bisa membuat Anda terkejut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mata Sembap

4. Gunakan concealer

Tidak sempat mengompres mata karena sedang terburu-buru? Jangan khawatir, peralatan makeup yang Anda gunakan bisa menjadi solusi.

Oleskan concealer atau color correcting concealer warna merah atau hijau untuk menutupi jejak mata sembap. Jika sudah dioleskan secara rata, Anda bisa mengoleskan bedak lagi sebagai penutupnya.

5. Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak. Selain buat pikiran jadi lebih rileks, air putih bisa mengurangi pembengkakkan yang terjadi pada mata. Maka itu, jangan lupa minum dua sampai tiga gelas air putih saat masa sembap terjadi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Mata Sembap

6. Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol justru bisa membuat mata sembap terlihat lebih parah. Hal ini karena kedua hal tersebut berperan dalam pembentukan kantong mata, juga dapat mempercepat terjadinya proses penuaan.

7. Gunakan kacamata hitam

Mata sembap yang terkena paparan sinar matahari bisa membuat bengkak dan meradang. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam agar sinar ultraviolet tidak menyebabkan sembap pada mata makin parah.

Selain itu, menggunakan kacamata hitam juga bisa melindungi Anda dari pertanyaan-pertanyaan orang lain mengenai penyebab kondisi mata sembap yang dialami.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 13/11/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer