Sukses


Contoh Teks Ulasan yang Bisa Dibaca dan Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks ulasan sering ditemukan pada laman yang khusus mengulas suatu karya. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks ulasan?

Teks ulasan merupakan tulisan yang berisi penilaian atau review yang sifatnya pribadi mengenai sebuah karya miliki orang lain. Karya yang diulas bisa berupa buku, film, novel, lagu, drama dan lain sebagainya.

Fungsi dari teks ulasan untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap suatu hal yang diulas demi kemajuan sebuah karya.

Ketika Anda sedang mengulas sebuah karya milik orang lain, Anda wajib bersikap kritis, bersifat netral, dan tidak berpihak.

Si pengulas dapat mengutarakan kesepakatan atau ketaksetujuan dan mengidentifikasi mengenai karya tersebut.

Ada beberapa contoh teks ulasan yang dapat Anda membaca dan memahaminya dari berbagai karya.

Berikut ini contoh teks ulasan, dikutip dari laman Dosenpendidikan, Kamis (6/1/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Film "Dilan 1990"

Dilan 1990 merupakan film yang diambil dari buku karangan Pidi Baiq. Film ini disutradarai Fajar Bustomi dan sukses meraih penonton lebih dari enam juta. Film Dilan 1990 ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia pada akhir Januari 2018. Sesuai apa yang dikata oleh sang penulis, film ini adalah kisah nyata remaja usia SMA.

Milea merupakan anak pindahan dari Jakarta yang kemudian bersekolah di sekolah yang sama dengan Dilan. Sedangkan Dilan adalah anak seorang tentara yang aktif di geng motor. Pertemuan pertama mereka terjadi saat Milea berjalan menuju ke sekolah. Kala itu, Dilan menyapa dengan kata-kata ajaib. Dilan berkata bahwa ia dan Milea akan bertemu di kantin siang nanti.

Pendekatan demi pendekatan terus dilakukan Dilan. Namun, ternyata teman sekelas Milea, yaitu Nandan, menyukai Milea. Mengetahui hal itu, Dilan perlahan menjauhi Milea. Sepengetahuan Dilan, mereka berdua resmi berpacaran, padahal nyatanya tidak. Hingga pada akhirnya, Milea berkata melalui sahabat Dilan, yaitu Piyan, bahwa ia dan Nandan tak menjalin hubungan.

Dilan kembali mendekati Milea. Hari-hari indah mereka lalui bersama. Entah itu di sekolah, sepulang sekolah, hingga di rumah. Akhirnya, Dilan dan Milea resmi berpacaran. Cara Dilan mengungkapkan perasaan pun cukup unik. Ia menggunakan sebuah materai dan buku. Di dalamnya tertulis kata-kata tentang dirinya dan Milea yang resmi berpacaran dan juga tanggalnya.

Film Dilan adalah film yang sangat identik dengan kehidupan remaja. Pacaran, tawuran, hingga konflik sesama teman. Film ini sukses membuat "baper" penonton, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki yang diidam-idamkan. Latar film juga sangat sesuai dengan judulnya, yaitu tahun 1990. Properti yang dikenakan pun tak melenceng dari tahun 90-an.

Sayangnya, film Dilan 1990 bukan suatu film secara keseluruhan. Sesuai dengan novelnya, film ini merupakan film bagian pertama yang akan ada lanjutanny aehingga, akhir dari film dinilai "nanggung", namun membuat penasaran. Tak hanya kalangan remaja, seseorang yang telah dewasa pun bila menontonnya akan teringat kenangan masa muda, tepatnya tahun 1990.-an.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Novel "Menemuimu Dalam Doa"

"Menemuimu Dalam Do'a" adalah novel karya Hamida Surya. Tokoh utama di dalam novel ini bernama Indah. Diceritakan dalam novel, Indah ingin melupakan mantan kekasihnya. Setiap hari ia masih selalu terbayang kenangan manis bersama sang mantan kekasih. Berbagai cara ia lakukan, mulai mengisi hari-harinya dengan kesibukan hingga membuka hati untuk lelaki lain. Namun, semua sama saja.

Indah seorang gadis berumur 19 tahun. Ia hidup di keluarga yang tercukupi. Ia menjalani hidup layaknya gadis belia pada umumnya. Namun, semuanya berubah saat ia bertemu dengan Galih. Pertemuan itu terjadi di dunia maya. Perkenalan yang tak sengaja itu ternyata membuka kisah baru dalam hidupnya. Terlebih lagi, ternyata Galih adalah sepupu sahabat Indah.

Pendekatan yang dijalin mengantarkan mereka ke hubungan yang dinamakan pacaran. Namun, dewi fortuna nyatanya tak berpihak kepada mereka. Hubungan itu harus kandas setelah setahun terjalin. Dengan putusnya hubungan itu, mereka saling menjauh. Menjalani kehidupan masing-masing seperti sebelum saling mengenal.

Indah sibuk dengan akademisnya. Begitu pun Galih. Hingga pada akhirnya, mereka menjalin hubungan baru dengan orang lain tentunya. Mereka makin jauh. Tetapi, cinta lama itu tetap tersimpan rapi dalam hati dan memori. Empat tahun berlalu, mereka saling bersapa lagi. Sapaan itu tetap terjadi di dunia maya. Seperti pertemuan mereka yang pertama kali.

Hingga pada akhirnya, hubungan itu kembali terjalin. Dua tahun lamanya. Sampai akhirnya Indah memutuskan pergi karena Galih tak lagi mau mendengar apa yang baik untuknya. Kepergian Indah bukan karena tak ada lagi cinta dalam jiwanya, namun ia harus melindungi dirinya sendiri. Sampai saat ini, cinta Indah tetap ada. Dan ia menemui Galih, sang mantan, di dalam doa.

Novel "Menemuimu Dalam Doa" merupakan novel yang sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasa yang disajikan ringan dan mudah dimengerti. Setiap manusia yang pernah merasakan jatuh cinta akan jatuh ke cerita dalam novel ini. Gonjang-ganjing hati tentang dua pilihan yaitu melupakan atau terus mendoakan. Hingga akhirnya memilih apa yang direncanakan Tuhan.

Novel dengan tema romantis ini memberatkan bahasan pada konflik yang terjadi di dalam pikiran dan hati. Alur tak sejalan antara otak dah hati memang kerap terjadi. Novel ini menampilkan kejadian-kejadian yang tampak nyata dalam keseharian remaja. Namun, cover (tampilan depan) novel dinilai kurang berwarna. Tampilan depan terkesan mati, tak sesuai dengan isi bahasan.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Buku "Cinta Brontosaurus"

- Sinopsis Buku

Dika adalah seorang penulis yang baru saja putus cinta dengan Nina, pacarnya. Semenjak putus cinta, dia percaya bahwa cinta bisa kedaluwarsa. Kosasih, agen naskah Dika, mencoba untuk membuat Dika yakin terhadap cinta kembali. Seperti Kosasih yakin dengan istrinya, Wanda. Usaha ini, membawa Dika ke dalam serangkaian perkenalan absurd yang berdatangan.

Namun, cinta datang tanpa persiapan. Seperti saat Dika bertemu dengan Jessica, seorang perempuan yang jalan pikirannya sama anehnya dengan Dika. Makin Dika kenal dengan Jessica, makin dia bertanya: 'apa benar cinta bisa kedaluwarsa?' Di sisi yang lain, Mr. Soe Lim menawarkan untuk memfilmkan buku Dika yang berjudul Cinta Brontosaurus.

Tertarik, Dika berusaha untuk menulis skrip film tersebut. Masalah mulai timbul ketika di tengah jalan, Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika. Naskah diubah menjadi film horor yang sedang laku. Buku ini adalah perjalanan Dika untuk memahami cinta, yang justru dia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarganya sendiri.

- Penilaian

1. Tampilan: Tampilan cover buku sangat menarik. Tampilan di dalamnya jugamendukung buku ini sehingga terlihat lebih ceria.

2. Isi: Isi buku ini sangat bagus, mulai komedi, kisah cinta, hingga kehidupan sehari-hari sang tokoh. Kisah ini sesuai kehidupan remaja masa kini yang pastinya menarik untuk ditonton.

3. Bahasa: Bahasa dibuku ini kebanyakan menggunakan bahasa gaul, seperti: loe, gue, dan sebagainya. Bahkan mungkin bahasa yang digunakan tidak mencakup Bahasa Indonesia yang baik. Namun, itu semua sudah sesuai tema dan isi buku, yaitu tentang kehidupan remaja.

4. Kelebihan

  • Buku ini menggunakan tema yang memiliki banyak peminat.
  • Banyak menampilkan kelucuan yang mengundang tawa.

5. Kekurangan

  • Akhir cerita sangat mengambang dan membuat penasaran.
  • Kata-kata yang agak vulgar dan tidak disensor.

6. Kesimpulan

Buku "Cinta Brontosaurus" memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, di balik semua itu buku ini memilik daya tarik yang besar. Hal itu dikarenakan penulisnya adalah seorang penulis yang sudah dikenal banyak orang, yaitu Raditya Dika. Raditya Dika memiliki jiwa yang humoris. Hal itu sesuai dengan apa yang ia dituliskan di dalam buku.

 

Sumber: Dosenpendidikan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer