Sukses


Ciri-Ciri Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna, Ketahui Contoh Hewannya

Bola.com, Jakarta - Metamorfosis merupakan sebuah proses yang luar biasa. Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh secara bertahap, yang dimulai dari larva sampai menjadi individu dewasa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, metamorfosis adalah perubahan bentuk atau susunan; peralihan bentuk (misalnya dari ulat menjadi kupu-kupu).

Metamorfosis terjadi pada serangga dan amfibi. Beberapa jenis serangga seperti kupu-kupu dan capung, bentuk larva jauh berbeda dengan bentuk dewasa.

Namun, ada beberapa jenis serangga yang punya bentuk hampir sama saat baru menetas dengan saat dewasa. Contohnya belalang, kecoa, dan jangkrik.

Berdasarkan prosesnya, metamorfosis serangga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Masing-masing jenis metamorfosis tersebut mempunyai ciri-ciri atau karakteristik tersendiri.

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contoh hewannya, seperti dilansir dari laman repository.untag-sby.ac.id, Kamis (6/1/2022).

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Ciri-Ciri Metamorfosis Sempurna

Berikut ini ciri-ciri metamorfosis sempurna:

1. Memiliki perbedaan bentuk yang sangat berbeda antara fase pupa dan fase imago.

2. Pasti melalui fase pupa atau kepompong.

 

Ciri-Ciri Metamorfosis Tidak Sempurna

Adapun ciri-ciri serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, antara lain:

1. Perubahan bentuk tubuh antara fase nimfa dan fase imago tidak mencolok, hanya terdapat sedikit perbedaan.

2. Tidak mengalami fase pupa/kepompong.

3 dari 4 halaman

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Dari ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, beberapa hewan yang termasuk dalam metamorfosis sempurna yaitu:

1. Katak

Katak merupakan satu di antara jenis hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur–kecebong–katak muda–imago (katak dewasa).

2. Nyamuk

Nyamuk juga termasuk hewan yang mengalami fase metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis pada nyamuk adalah telur–larva/jentik–pupa–imago (nyamuk dewasa).

3. Kupu-Kupu

Kupu-kupu mengalami fase metamorfosis yang hampir sama dengan nyamuk. Adapun urutan metamorfosis sempurna pada kupu-kupu adalah telur–larva-pupa–imago (kupu kupu dewasa).

4. Lalat

Lalat juga memiliki fase metamorfosis sempurna. Adapun urutan metamorfosis yang dilalui lalat meliputi telur–larva–pupa/kepompong–imago (lalat dewasa).

5. Lebah

Lebah mengalami proses metamorfosis yang hampir sama dengan kupu-kupu. Adapun urutan metamorfosis sempurna yang dilalui lebah adalah telur-larva–pupa/kepompong–imago (lebah dewasa).

6. Semut

Adapun urutan metamorfosis semut karena semut termasuk serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, tahapan yang dilalui meliputi telur–larva-pupa/kepompong–imago (semut dewasa).

4 dari 4 halaman

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Berikut ini contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:

1. Belalang

Belalang termasuk hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Adapun urutan metamorfosis belalang ini meliputi, telur–nimfa–imago.

2. Kecoak

Kecoak merupakan serangga dengan fase metamorfosis tidak sempurna, di mana kecoak yang baru menetas memiliki anatomi sama persis dengan kecoak dewasa. Fasenya dimulai dari telur–nimfa–imago.

Dalam ordo atau kelas biologi, kecoak memiliki ribuan jenis spesies, itu sebabnya kecoak di seluruh dunia bisa berbeda-beda jenis dan bentuknya.

3. Jangkrik

Jangkrik juga memiliki fase yang sama, di mana tahapan metamorfosisnya melalui telur–nimfa–imago. Tahap jangkrik dewasa untuk sampai siap kawin dan bereproduksi biasanya selama 40 hari sejak menjadi imago.

4. Capung

Tidak seperti kupu-kupu, capung bayi memiliki bentuk anatomi tubuh yang sama persis dengan capung dewasa. Kelompok serangga ini tidak akan pernah jauh dari air, di mana mereka dapat meletakkan telur-telurnya. Tahapan metamorfosisnya ialah telur–nimfa–imago.

 

Sumber: Portal Untag Surabaya

Video Populer

Foto Populer