Sukses


Daftar Makanan yang Bisa Mencegah Kebutaan

Bola.com, Jakarta - Seperti halnya jantung dan organ vital lainnya. Mata menjadi satu di antara organ penting yang harus Anda jaga kesehatannya. Dari makanan hingga gaya hidup, perlu Anda perhatikan sepanjang waktu.

Hal tersebut dikarenakan berbagai makanan yang kita konsumsi serta gaya hidup tidak sehat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Khususnya bagian mata, gaya hidup bukan menjadi satu-satunya faktor yang memengaruhi kondisi kesehatannya. Faktor lain seperti usia juga berpengruh terhadap kondisi kesehatan mata.

Yang paling sering dirasakan oleh banyak orang ketika menurunnya kondisi kesehatan mata adalah gangguan penglihatan bahkan tidak jarang hingga mengalami kebutaan.

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), banyak warga Indonesia yang mengalami gangguan penglihatan, yang apabila dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan kebutaan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meminimalkan menurunnya kondisi organ mata, satu hal yang paling bisa dilakukan adalah rajin mengonsumsi makanan bernutrisi.

Makanan apa saja yang bisa membantu kita untuk mencegah terjadinya kebutaan?

Berikut daftar makanan yang bisa mencegah kebutaan, dan perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (6/1/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh Cegah Kebutaan

1. Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan sebagainya, mengandung tinggi lutein dan zeaksantin. Jenis makanan dapat dikonsumsi untuk mencegah kebutaan. 

Lutein merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan pada makula mata dan berfungsi menutrisi makula serta retina.

Sementara itu, zeaksantin merupakan senyawa karotenoid yang juga terdapat pada makula mata. Fungsi utama dari zeaksantin adalah menjaga kesehatan sistem penglihatan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jumlah yang cukup dari lutein dan zeaksantin dapat mengurangi risiko penyakit mata, khususnya AMD. Kedua senyawa ini tergolong sebagai antioksidan sehingga dapat berfungsi menjaga sel-sel organ mata dari kerusakan dan mencegah katarak.

2. Ikan

Konsumsi ikan salmon direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mata. Salmon mengandung omega-3 yang berperan penting dalam fungsi sistem penglihatan Anda. 

Selain salmon, Anda dapat mengonsumsi jenis ikan lain yang tinggi akan omega-3. Beberapa ikan atau makanan laut yang dapat Anda jadikan pilihan, yaitu tuna, makerel, tiram, dan kepiting.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh Cegah Kebutaan

3. Telur

Makanan lain yang dapat mencegah kebutaan adalah telur. Makanan yang satu ini dapat melindungi mata karena mengandung nutrisi yang sama dengan sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Kandungan yang ada pada telur, termasuk lutein dan zeaksantin. Kedua kandungan tersebut akan membantu mata dalam menyaring cahaya dengan panjang gelombang pendek, yang dapat merusak retina di bagian belakang mata.

Selain itu, telur mengandung protein yang merupakan nutrisi baik bagi kesehatan lensa mata. Sakit mata di usia senja juga bisa dicegah dengan konsumsi kuning telur.

4. Kacang-kacangan

Selain sayuran hijau, sumber makanan lain yang memiliki kandungan tinggi lutein dan zeaksantin adalah kacang polong dan kacang pistachio. Maka itu, kacang-kacangan termasuk makanan pencegah kebutaan yang bisa Anda konsumsi.

Tak hanya mengandung lutein dan zeaksantin, beberapa jenis kacang, misalnya kacang tanah, mete, dan almond juga menyimpan omega-3. Walau kandungan omega-3 pada kacang-kacangan tersebut tidak begitu banyak, kesehatan mata tetap dapat terjaga.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Ampuh Cegah Kebutaan

5. Buah-buahan Berwarna Cerah

Buah-buahan berwarna cerah dan kaya vitamin A juga termasuk makanan pencegah kebutaan. Contohnya wortel, apel, jeruk, mangga, naga, anggur, paprika, dan sebagainya.

Vitamin A diperlukan untuk regenerasi pigmen retina mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buta senja (niktalopia), bahkan dalam jumlah besar dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Westmead Institute for Medical Research, Australia, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi jeruk secara rutin cenderung tidak mempunyai penyebab utama kebutaan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa konsumsi kurang lebih satu jeruk setiap hari dikaitkan dengan penurunan sekitar 60 persen keseluruhan risiko pengembangan degenerasi makula 15 tahun kemudian.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/3/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer