Sukses


5 Macam Vitamin untuk Mengatasi Depresi

Bola.com, Jakarta - Makan merupakan satu di antara cara mengatasi depresi. Dengan makan yang lahap, imun dalam tubuh akan meningkatkan dan memunculkan semangat.

Namun, makanan yang dikonsumsi harus sehat. Pasalnya, pola makan sehat dapat membantu menyehatkan kondisi mental alias psikis.

Apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kinerja sel tubuh. Gizi yang datang dari makanan sehat dapat pula membantu tubuh untuk merespons stres dengan baik.

Dari penjelasan tersebut, dapat dianggap bahwa stres yang berujung depresi dapat terjadi akibat pola makan yang tidak sehat.

Itulah mengapa, satu di antara cara yang bisa Anda lalukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi vitamin yang tepat.

Anda mungkin ingin tahu vitamin apa saja itu. Nah, berikut beberapa macam vitamin untuk mengatasi depresi, disadur dari Klikdokter, Jumat (7/1/2022).

2 dari 3 halaman

Macam Vitamin untuk Mengatasi Depresi

1. Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat meningkatkan risiko anemia alias kurang darah.

Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat pula meningkatkan risiko depresi.

Mengutip Healthline, penelitian pada 2020 mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B12 lebih awal dapat menunda gejala depresi dan meningkatkan efek obat antidepresan.

Selain dari suplemen, vitamin B12 dapat pula ditemukan pada daging ayam, telur, salmon, susu, yoghurt.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh, satu di antaranya membantu saraf untuk membawa pesan antara otak dan bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari Very Well Mind, kekurangan vitamin D memiliki hubungan yang erat dengan tingginya risiko depresi.

Atas dasar itu, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin D sehari-hari jika tak ingin mengalami depresi. Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi.

Vitamin D juga dapat ditemukan pada hati sapi, keju, kuning telur, salmon, dan jamur.

3 dari 3 halaman

Macam Vitamin untuk Mengatasi Depresi

3. Vitamin B9 atau Asam Folat

Mencukupi kebutuhan vitamin B9 atau asam folat harian dapat memperbaki suasana hati sehingga mood menjadi lebih baik.

Selain dari suplemen, Anda bisa mendapatkan vitamin B9 dari asparagus, kacang-kacangan, kubis, bayam, dan biji bunga matahari.

4. Vitamin C

Meski masih butuh studi lanjutan, penelitian kecil terhadap siswa laki-laki mendapati adanya pengaruh vitamin C pada suasana hati yang lebih baik secara keseluruhan.

Penelitian tersebut juga menemukan, kecukupan vitamin C harian dapat bantu menurunkan risiko depresi, kemarahan, dan kebingungan.

Vitamin C dapat Anda temukan pada brokoli, anggur, kiwi, melon, jeruk, paprika, kentang, dan tomat.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 membantu tubuh memproses asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein dan beberapa hormon.

Dikutip dari Healthline, vitamin B6 juga telah ditemukan dapat memperbaiki gejala depresi bila dikombinasikan dengan asupan gizi lain, termasuk triptofan dan bentuk vitamin B3 yang disebut nicotinamide.

Vitamin B6 bisa didapatkan dengan mengonsumsi hati sapi, daging ayam, buncis, salmon, pisang, dan labu.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/2/2021)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer