Sukses


6 Cara Mengolah Kentang yang Lebih Sehat

Bola.com, Jakarta - Kentang menjadi satu di antara sumber karbohidrat yang menyehatkan. Namun, kandungan sehatnya bisa hilang jika Anda tidak mengolahnya dengan benar.

Kentang marupakan sayuran penuh nutrisi yang kerap dijadikan pengganti nasi. Beberapa kandungan seperti antioksidan, serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 bisa membantu menjaga tubuh Anda agar tetap sehat.

Meski demikian, jika Anda mengolah kentang dengan cara digoreng hanya akan membuat kentang kehilangan nutrisi di dalamnya.

Bahkan, yang akan terjadi adalah kentang akan mengandung lemak jahat yang dihasilkan dari proses menggoreng menggunakan minyak.

Kandungan utama dari kentang adalah karbohidrat sehingga mengonsumsi sayuran ini bisa memengaruhi kandungan gula darah jika cara mengolahnya tidak tepat.

Berikut enam cara mengolah kentang yang lebih sehat, dan patut untuk Anda coba di rumah, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (8/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengolah Kentang yang Lebih Sehat

1. Panggang dengan Kulitnya

Cara memasak kentang yang baik satu di antaranya dengan memanggang kentang bersama dengan kulitnya. Konsumsi kentang beserta kulitnya dapat meningkatkan komponen serat sehingga membantu menurunkan indeks glikemik kentang.

Sebuah kentang yang dipanggang bersama kulitnya memberikan 4 gram serat dan lebih dari 900 miligram kalium. Di sisi lain, mengonsumsi daging hanya memberikan 2 gram serat dan kurang lebih 600 miligram kalium.

Cara memasak kentang seperti ini dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Potong kentang ke bentuk wedges. Anda juga dapat membelah kentang menjadi dua.
  • Oleskan minyak zaitun dan bumbui kentang dengan garam serta merica.
  • Gunakan alumunium foil untuk membungkus kentang. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga agar nutrisi yang terkandung dalam kentang tetap terjaga.
  • Panggang di oven dengan suhu 450 derajat C selama 15-20 menit.

2. Kukus

Mengukus merupakan satu di antara cara memasak kentang yang sehat. Anda mungkin menganggap kentang akan terasa tawar dan hambar bila dikukus. Namun, tenang saja, ada beberapa cara supaya kentang yang dikukus menjadi enak. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Ketika mengukus kentang, jangan lupa tambahkan garam dan lada.
  • Bila Anda suka rasa pedas, boleh ditambahkan dengan bubuk cabai.
  • Agar rasa dan aroma lebih kuat, Anda bisa mengukusnya dengan rempah-rempah segar yang dicincang seperti daun peterseli, kemangi, thyme, dan rempah lainnya sesuai selera Anda.
3 dari 4 halaman

Cara Mengolah Kentang yang Lebih Sehat

3. Rebus 

Cara memasak kentang yang sehat lainnya adalah dengan direbus. Supaya rasa kentangnya lebih gurih, rebus kentang di dalam air kaldu dan tambahkan bumbu beserta rempah-rempah. Anda juga bisa merebus dan mengonsumsinya dengan kulitnya.

4. Salad Kentang

Kentang enak dan sehat bila dimakan sebagai salad. Namun, sering kali terdapat kekeliruan saat mengonsumsi kentang dengan cara ini. Kesalahan yang sering dilakukan adalah mengonsumsi salad dengan mayones.

Nah, supaya lebih sehat, ganti mayones yang biasa Anda tambahkan ke dalam salad dengan yoghurt tawar atau Greek yoghurt. Anda juga bisa menambahkan garam dan merica supaya rasa menjadi lebih enak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengolah Kentang yang Lebih Sehat

5. Sup Kentang 

Tidak hanya dikonsumsi mandiri, kentang bisa Anda olah menjadi sup bersama bahan makanan lain. Cara memasak kentang menjadi sup dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Potong kentang menjadi bentuk dadu.
  • Rebus bersama sayuran lainnya seperti wortel, brokoli, seledri serta bawang-bawangan ke dalam kuah kaldu.
  • Untuk menambah asupan protein, tambahkan juga potongan ayam.
  • Jangan lupa untuk memberikan bumbu agar hidangan menjadi lebih enak.

6. Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Kentang tumbuk atau mashed potato biasanya disajikan sebagai makanan pendamping. Supaya menjadi lebih sehat, sebaiknya ganti krim atau mentega dengan Greek yoghurt saat kentang ditumbuk. Tambahkan pula bumbu serta bubuk bawang putih agar bau yoghurt tidak terlalu tajam.

Namun, perlu Anda ingat, cara memasak kentang dengan cara ditumbuk lebih berpengaruh terhadap gula darah ketimbang cara pengolahan kentang lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Publsihed: 7/9/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer