Sukses


7 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan yang Tidak Anda Duga

Bola.com, Jakarta - Jatuh cinta tak hanya berjuta rasanya. Jatuh cinta, rupanya juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda. Jadi, beruntunglah Anda yang sedang merasakan jatuh cinta.

Bagi Anda yang pernah dan sedang merasakan jatuh cinta, mungkin akan kesulitan menggambarkan perasaan tersebut melalui kata-kata. Anda bisa jadi terlalu bahagia, semua di sekeliling Anda terasa indah, manis, dan berbunga-bunga.

Hidup terasa ringan sekaligus mendebarkan karena Anda ingin selalu dekat si dia. 

Ternyata, jatuh cinta juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal itu karena saat Anda jatuh cinta, Anda dipenuhi energi positif. Alhasil, tubuh Anda dapat berfungsi secara optimal.

Penasaran apa saja manfaat jatuh cinta bagi kesehatan Anda? 

Berikut rangkuman manfaat jatuh cinta bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (10/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan

1. Mengurangi risiko stres dan depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Health dan Social Behaviour menjelaskan bahwa mereka yang baru menikah memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk mengalami Depresi dibandingkan dengan orang yang belum menikah.

Hal itu terjadi karena jatuh cinta membuat tubuh mengeluarkan hormon serotonin, yang memberikan rasa tenang dan bahagia. Hormon ini turut berperan dalam menciptakaan suasana hati yang baik.

2. Daya tahan tubuh lebih prima

Saat sedang jatuh cinta, perasaan bahagia, tidak mudah stres atau depresi dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh ke tingkat yang lebih prima. Hal ini berarti, risiko terjadinya berbagai macam penyakit juga akan mengalami penurunan.

3. Mengurangi kecemasan

Saat sedang jatuh cinta, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamine. Hormon ini bekerja dengan memberikan rasa positif dan optimistis.

Saat ada perasaan positif yang dikeluarkan dari tubuh, perasaan cemas yang muncul akan menghilang begitu saja.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan

4. Kesehatan jantung lebih terjaga

Ada penelitian yang memberikan hasil bahwa perasaan bahagia saat jatuh cinta dapat menurunkan tekanan darah dan frekuensi denyut nadi. 

Selain itu, perasaan bahagia saat jatuh cinta dapat meningkatkan kualitas sistem yang mengatur kerja jantung, sehingga organ penting tersebut tetap terjaga kesehatannya.

5. Mengurangi nyeri

Sebuah studi ditemukan bahwa peserta penelitian yang memegang tangan pasangannya memiliki sensasi nyeri yang lebih rendah, dibandingkan peserta lain yang tidak memegang tangan pasangannya.

6. Kulit lebih terjaga

Jatuh cinta sering membuat Anda tersenyum sepanjang hari dan lebih mudah untuk tertawa. Hal ini dapat mengurangi kadar hormon kortisol (penyebab stres), yang juga dapat memicu keluhan kulit seperti jerawat.

Sering tersenyum juga membuat aliran darah di kulit makin lancar. Hal ini membuat kulit lebih banyak mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi sehingga tampilannya akan lebih cerah dan segar.

7. Panjang umur

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa jatuh cinta dapat memperpanjang usia. Hal ini karena pasangan yang jatuh cinta akan saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan masing-masing, dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/8/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer