Sukses


4 Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

Bola.com, Jakarta - Minyak urang-aring merupakan satu di antara produk herbal yang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk rambut. Produk tersebut juga populer digunakan di dalam pengobatan Ayurveda, Unani, dan Siddha.

Di Indonesia, tanaman dengan minyak urang-aring dipercaya bisa menghitamkan rambut. Namun, urang-aring masih memiliki banyak khasiat lain bagi rambut.

Urang-aring memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat. Sari tumbuhan ini kaya vitamin E dan vitamin D.

Urang-aring juga mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi. Semuanya dibutuhkan untuk menjaga kesuburan dan kesehatan batang rambut.

Berikut beberapa manfaat minyak urang-aring untuk rambut, disadur dari Klikdokter, Rabu (12/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

1. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan pada tikus albino jantan menemukan bahwa penggunaan minyak urang-aring dapat meningkatkan jumlah folikel rambut.

Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak urang-aring diyakini dapat mengurangi stres oksidatif. Dengan demikian, kulit kepala dan rambut bisa lebih terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Ketombe pada Rambut

Melansir dari Express UK, dalam minyak urang-aring terdapat ekstrak Eclipta alba yang terbukti efektif melawan bakteri dan jamur. Hal tersebut membuatnya mampu mengurangi ketombe di kulit kepala.

Minyak ini juga memiliki sifat antiradang, yang diduga dapat membantu mengurangi keluhan psoriasis atau iritasi kulit kepala jenis lainnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Urang-Aring untuk Rambut

3. Memperlambat Munculnya Uban

Melansir Healthline, minyak urang-aring disebut-sebut dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses rambut beruban. Namun, manfaat urang aring untuk rambut yang satu ini masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan sepenuhnya.

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Kandungan vitamin E di dalam minyak urang-aring dapat mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat kerusakan.

Hanya, manfaat tersebut belum tentu dirasakan oleh setiap orang. Sebab, penelitian yang mengkaji manfaat vitamin E dari urang-aring untuk rambut berkilau masih belum dapat dijadikan sebagai acuan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/11/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer