Sukses


Daftar Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Kolesterol kerap dianggap sebagai zat jahat penyebab berbagai penyakit berbahaya di dalam tubuh. Padahal, jika kadar kolesterol di batas normal, yakni tidak melebihi 200mg/dl zat ini miliki peran penting dalam tubuh, seperti membantu proses metabolisme tubuh.

Sebaliknya, jika kelebihan kolesterol akan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah hingga penyumbatan dan pemblokiran aliran darah.

Akibatnya, jumlah suplai darah ke jantung berkurang, terjadi sakit atau nyeri di dada yang disebut angina dan bahkan bisa menjurus ke serangan jantung.

Untuk itu, penting bagi siapa saja untuk menjaga kadar normal kolesterol di dalam tubuh agar tidak menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Agar kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga serta terhindar dari risiko penyakit yang lebih parah, Anda harus menjaga kandungan makanan yang Anda konsumsi. Hal ini karena kadar kolesterol Anda ikut dipengaruhi makanan yang Anda santap.

Sebagai bentuk antisipasi, berikut ini daftar makanan penyebab kolesterol, yang harus diwaspadai, seperti disadur dariĀ Liputan6, Kamis (13/1/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol

1. Gorengan

Aneka makanan yang diolah dengan cara goreng, terutama deep-fry, banyak mengandung kolesterol sehingga harus dihindari.

Makanan yang digoreng juga tinggi kalori dan banyak mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, mengonsumsi gorengan terlalu sering erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, serta diabetes.

2. Makanan Cepat Saji

Satu di antara makanan penyebab kolesterol ialah makanan cepat saji. Makanan ini menjadi satu di antara faktor utama penyebab penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan cepat saji maka berpotensi memiliki kadar kolesterol lebih tinggi, lebih banyak lemak perut, serta memiliki risiko tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan gangguan pada kadar gula darah.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol

3. Jeroan

Jeroan sesungguhnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama jika sudah dalam kadar berlebihan. Namun, mengonsumsi jeroan sudah cukup wajar masuk ke menu makanan orang Indonesia.

Padahal, jeroan merupakan satu di antara makanan penyebab kolesterol, serta terdapat kandungan purin penyebab asam urat.

4. Daging Olahan

Aneka jenis daging olahan seperti sosis, bacon, ham, daging asap, ham, nugget, serta daging olahan lainnya juga bisa jadi makanan penyebab kolesterol.

Mengonsumsi daging olahan secara berlebihan erat kaitannya dengan peningkatan angka penyakit jantung serta jenis kanker tertentu, satu di antaranya kanker usus besar.

Sebuah studi juga menyatakan, 50 gram daging olahan per hari dapat meningkatkan risiko sebesar 42 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol

5. Seafood

Aneka jenis makanan laut seperti udang, lobster, bahkan caviar juga mengandung kolesterol yang tinggi. Apabila memang ingin mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan.

Perhatikan juga cara mengolahnya, ada baiknya dengan direbus, kukus, dan panggang. Hindari untuk mengolahnya dengan digoreng.

6. Susu dan Produk Turunannya

Susu sapi, yoghurt, serta keju adalah jenis produk yang mengandung banyak lemak jenuh. Maka, supaya kadar kolesterol terjaga, ada baiknya untuk beralih ke produk susu yang bebas atau sedikit lemak (dua persen).

Jika masih takut akan kandungan lemaknya, ada baiknya coba untuk mengonsumsi susu skim.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol

7. Minuman Kemasan

Aneka produk minuman kemasan seperti minuman bersoda, jus buah, teh, kopi, serta minuman lainnya sarat dengan kadar gula pemanis yang tinggi. Gula pemanis seperti gula pasir atau gula jagung erat berhubungan dengan rendahnya kadar kolesterol baik (HDL).

Itulah mengapa, mengomsumsi gula tambahan sangat perlu dibatasi, usahakan maksimal konsumsi enam sendok atau 25 gram per hari. Atau ada baiknya ganti jenis gula yang dikonsumsi dengan gula rendah kalori.

8. Mengonsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol berlebihan adalah faktor risiko kolesterol tinggi. Racun di dalam alkohol memengaruhi fungsi jantung, pembuluh darah, dan organ hati. Maka, tubuh akan sangat sulit untuk membakar kolesterol dan justru membuat kadarnya jadi terlalu tinggi di tubuh hingga terakumulasi pada pembuluh darah.

Ā 

Disadur dari: Liputan6.com, (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 13/1/2022)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer