Sukses


Cara Menabung untuk Para Pelajar yang Mudah Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Mungkin bagi kamu sudah tidak asing di telinga mendengar peribahasa "Hemat pangkal kaya". Biasanya, peribahasa ini dijadikan banyak orang sebagai motivasi untuk menabung.

Menabung merupakan kebiasaan yang baik dan perlu dilatih sejak dini karena memiliki banyak manfaat.

Bagi kamu seorang pelajar, tentu ada keinginan untuk bisa menyisihkan uang saku atau menabung untuk berbagai macam tujuan.

Hanya, sebagai pelajar terkadang masih kesulitan untuk menerapkan budaya menabung dengan mengandalkan uang jajan dari orang tua.

Menabung uang jajan memang gampang-gampang susah. Namun, jika sudah tahu tips dan triknya, menabung bisa menjadi lebih mudah.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa menabung? Berikut ini cara menabung untuk pelajar, dilansir dari laman Klipingan, Sabtu (15/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menabung untuk Pelajar

1. Temukan Motivasi Menabung

Segala sesuatu yang kita kerjakan harus ada tujuannya, termasuk menabung. Jadi sebelum mulai menabung, kita harus tentukan tujuannya terlebih dulu.

Tujuan bisa jadi motivasi dan penyemangat karena kita akan berusaha untuk menggapai tujuan tersebut dan secara tidak langsung mendorong kita untuk terus menabung.

2. Merencanakan Anggaran

Merencanakan anggaran harus dilakukan, khususnya untuk pelajar yang uang sakunya terbatas. Dengan merencanakan anggaran pengeluaran kita bisa lebih terkontrol dan terhindar dari perilaku boros.

Satu di antara metode perencanaan anggaran adalah metode 50-30-20. Maksud dari metode ini yaitu, 50 persen uang dibelanjakan kebutuhan, 30 persen uang dibelanjakan keinginan, dan 20 persen uang untuk ditabung.

3. Menyisihkan Uang Saku

Kita sering mendengar nasihat dari orang tua untuk membiasakan diri menabung sebagian uang saku. Menyisihkan uang saku wajib dilakukan pelajar, berapa pun nominalnya.

Meski sedikit, uang saku tetap harus disisihkan untuk ditabung karena nominal yang sedikit tersebut akan jadi banyak jika dikumpulkan dengan teratur.

3 dari 4 halaman

Cara Menabung untuk Pelajar

4. Mencari Pendapatan Tambahan

Memang benar kita bisa menyisihkan uang saku untuk ditabung, tteapi akan jadi lebih baik jika tidak hanya mengandalkan uang saku. Caranya adalah dengan mencari pendapatan tambahan.

5. Membuat Catatan Keuangan

Membuat catatan sirkulasi uang wajib dilakukan jika kamu ingin menabung secara efektif. Dengan membuat catatan keuangan, kita bisa mengetahui dari mana saja sumber uang dan digunakan untuk apa saja uang kita.

6. Pahami Kebutuhan dan Keinginan

Penting untuk paham konsep kebutuhan dan keinginan jika ingin sukses menabung efektif. Secara sederhana, kebutuhan adalah sesuatu yang harus dimiliki dalam hidup, sedangkan keinginan didefinisikan sebagai sesuatu yang diharapkan untuk dimiliki.

7. Gunakan Celengan

Selain berfungsi sebagai tempat melindungi uang dari pencuri, celengan bisa melindungi uang dari pemakaian yang tidak perlu oleh pemiliknya.

Menggunakan celengan jadi cara menabung untuk pelajar karena akan ada dua manfaat yang dirasakan, yaitu makin rajin menabung dan terhindar dari perbuatan boros.

4 dari 4 halaman

Cara Menabung untuk Pelajar

8. Jangan Remehkan Uang Kecil

Jangan pernah menyia-nyiakan uang kecil. Mungkin banyak di antara kita yang meremehkan uang koin pecahan ratusan rupiah karena nominalnya dianggap kecil. Jangan pernah lagi lakukan hal tersebut.

Sebab, uang kecil akan bernilai besar jika rutin dikumpulkan. Untuk membuktikannya, coba kamu kumpulkan uang koin dalam wadah atau celengan selama satu minggu ke depan, lalu hitung berapa jumlahnya.

9. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Tips menabung untuk pelajar yang berikutnya adalah menyibukkan diri dengan kegiatan positif yang tidak butuh biaya banyak. Satu di antara penyebab pelajar sulit menabung adalah banyaknya kegiatan boros yang dilakukan.

Contoh kegiatan positif yang bisa kamu lakukan adalah belajar dan mengasah skill di internet. Selain dapat membantu mengalihkan dirimu dari kegiatan boros, mengasah skill juga akan meningkatkan kualitas diri.

10. Membuat Target

Membuat target menabung penting dilakukan. Mirip seperti tujuan menabung, adanya suatu target akan membuat kita lebih giat menabung dan menghemat uang.

 

Sumber: Klipingan

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer