Sukses


8 Cara Mengatasi Begah Akibat Kekenyangan

Bola.com, Jakarta - Kondisi begah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat perut terlihat lebih besar. Ketika mengalami begah, Anda mungkin jadi kesulitan bernapas atau berjalan, perut dan dada juga terasa sesak seperti mau meledak.

Perut begah kerap kali terjadi jika Anda makan berlebihan atau terlalu kenyang. Padahal, makan terlalu banyak itu tidak baik untuk kesehatan.

Itulah mengapa, kita disarankan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Kondisi perut begah disebabkan oleh produksi gas yang berlebih di lambung atau terganggunya pergerakan otot-otot usus.

Dilansir Klikdokter.com, terdapat sekitar 16-30 persen orang yang dilaporkan sering mengalami begah. Kebanyakan kasus bukan disebabkan oleh masalah serius, tetapi lebih pada pola diet dan makan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi begah dan mencegahnya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (17/1/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Begah Akibat Kekenyangan

1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Penyebab pertama meningkatnya asam lambung saat begah adalah makan dalam porsi yang besar dalam sekali makan. Biasanya, orang makan dalam porsi besar disebabkan oleh rasa lapar hebat.

Sebagai cara mengatasi perut begah itu, jangan tunggu hingga sangat lapar untuk makan dan makanlah hanya dalam porsi sedikit. Jika perlu, siapkan camilan di sela-sela waktu makan besar untuk menghindari munculnya rasa lapar berlebih.

2. Pastikan Tidak Konsumsi Makanan yang Picu Alergi Anda

Beberapa orang mungkin mengalami alergi atau intileransi terhadap makanan tertentu. Ketika memakannya, Anda akan mengalami produksi gas berlebih, begah, dan berbagai gejala pencernaan lainnya.

Beberapa jenis makanan yang perlu dipertimbangkan yaitu laktosa (kandungan gula di dalam susu), fruktosa, telur, dan gluten.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Begah Akibat Kekenyangan

3. Hindari Makanan yang Bisa Merangsang Produksi Gas Berlebih

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan tubuh memproduksi gas berlebih, seperti makanan yang kaya akan serat. Kebanyakan adalah jenis kacang-kacangan dan gandum utuh.

Tentu saja mengonsumsi makanan tersebut sangat dianjurkan karena baik untuk kesehatan usus. Namun, jika Anda mengalami masalah begah maka sebaiknya kurangi konsumsinya.

4. Hindari Menelan Udara

Udara di dalam perut berasal dari dua sumber. Yang pertama adalah gas yang diproduksi oleh bakteri di usus. Yang kedua adalah udara yang tertelan saat makan atau minum, seperti ketika Anda mengonsumsi minuman berkarbonasi, misalnya soda.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Begah Akibat Kekenyangan

5. Cegah Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi sulit buang air besar. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang makan serat atau kebiasaan menahan untuk tidak buang air besar.

Beberapa penelitian menunjukkan konstipasi dapat memperparah gejala begah. Maka itu, konsumsilah cukup sayuran dan buah sebagai sumber serat makanan Anda.

6. Rutin Konsumsi Probiotik

Cara mengatasi perut begah setelah makan lainnya, adalah rutin mengonsumsi asupan kaya probiotik. Gas dihasilkan dari bakteri usus yang memecah serat.

Ada banyak jenis bakteri yang terdapat di dalam usus dan sangat bervariasi tiap individunya. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen probiotik dapat membantu menurunkan produksi gas dan gejala kembung.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Begah Akibat Kekenyangan

7. Hilangkan Rasa Bersalah

Saat Anda merasa kekenyangan karena telanjur mengonsumsi makanan secara berlebihan, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Apalagi kalau Anda hanya melakukannya sesekali, misalnya saat makan di pesta Natal dan Tahun Baru.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah konsumsi makanan harian Anda. Kebiasaan yang Anda bangun setiap hari tersebut yang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Jadi, jaga pola makan Anda.

8. Jangan Lewatkan Makan

Saat kekenyangan, perut Anda terasa ingin 'meledak'. Anda pun berniat melewatkan waktu makan selanjutnya. Padahal, cara ini akan membuat Anda merasa lebih lapar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan lagi di esok harinya.

Sebagai gantinya, makanlah sayur atau buah dan beberapa protein tanpa lemak, seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, dan tahu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/12/2020).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer