Sukses


Cara Bikin Layangan Sederhana yang Bisa Dipraktikkan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Layangan atau layang-layang merupakan satu di antara permainan tradisional yang masih tetap eksis, meski zaman sudah lebih modern.

Permainan layangan bisa dilakukan oleh semua golongan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Bermain layangan biasanya dilakukan di tempat-tempat terbuka, seperti lapangan hingga persawahan.

Tertarik mencoba membuat layangan sendiri? Tidak ada salahnya membuatnya sendiri karena cara membuat layangan cukup gampang.

Selain menghemat biaya, membuat layangan sendiri bisa menjadi sebuah kegiatan kerajinan tangan sederhana yang bisa Anda nikmati bersama dengan anak, keponakan, adik, atau anggota keluarga Anda lainnya.

Berikut ini cara bikin layangan sederhana, yang bisa Anda coba praktikkan di rumah, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (18/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Cara Bikin Layangan Sederhana

Sebelum Anda membuat layang-layang sederhana, pastikan mempersiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Adapun beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan, sebagai berikut:

  • 1 bilah bambu tipis dengan panjang 70 cm dan lebar 1 cm
  • 1 bilah bambu tipis, lebar 1 cm dan panjang sekitar 40-60 cm
  • Kertas minyak
  • Benang
  • Spidol
  • Gunting
  • Solasi
  • Pita gulung yang tebal
  • Meteran

Cara Membuat:

1. Taruh kedua bilah bambu dengan posisi silang dan letakkan bambu pendek pada 1/3 bagian bambu yang panjang.

2. Ikat kedua bambu dengan benang dan kaitkan keempat ujung bambu tersebung dengan benang maka rangka layang-layang membentuk segi tiga. Lalu letakkan kerangka di atas kertas minyak.

3. Gambar tanda memakai spidol pada kertas minyak, usahakan mengikuti rangka layang-layang.

4. Potong kertas minyak sesuai pola dan lem kertas pada bagian rangka memakai solasi. Pastikan lebar sisa kertasnya dilipat dan melewati benang sebelum disolasi.

5. Untuk ekornya, potong pita yang fungsinya juga untuk menyeimbangkan.

6. Buat lubang di bagian tengah layang-layang tempat bertemunya persilangan kerangka dari bambu. Lalu masukkan senar layangan pada lubang dan ikat.

7. Selanjutnya, buat lubang di bawah titik tengah sekitar 7 cm dari bagian bawah layangan dan tautkan benang dari titik tengah menuju lubang di bawahnya.

8. Layang-layang sudah jadi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 15/9/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer