Sukses


Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari, Bantu Pulihkan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Lari merupakan jenis olahraga yang sering jadi pilihan banyak orang. Hal itu dikarenakan kemudahan dan manfaat yang didapat sangat banyak.

Selain dapat menurunkan berat badan, manfaat dari lari yang lain, antara lain membangun daya tahan tubuh yang lebih baik, memperkuat otot dan tulang, serta menyegarkan badan.

Namun, setelah lari perlu segera mengisi tubuh dengan makanan bergizi agar tubuh kembali bugar dan berenergi untuk melanjutkan aktivitas.

Untuk itu, asupan pasca olahraga harus benar. Hal tersebut agar lari yang sudah dilakukan tidak sia-sia dan dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Itulah mengapa, penting mengetahui makanan atau minuman apa saja yang baik dikonsumsi setelah lari.

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga lari, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (18/1/2022).

2 dari 5 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Olahraga Lari

  • Yoghurt Yunani

Otot-otot di dalam tubuh akan berdampak setelah olahraga lari. Nah, asupan makanan yang mengandung protein dapat membantu memulihkan kondisi otot pasca lari.

Anda dapat mengonsumsi greek yoghurt atau yoghurt Yunani setelah olahraga lari. Bisa juga dengan menambahkan beberapa buah potong, seperti berry atau pisang.

  • Tofu

Tofu tinggi kandungan protein dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Makanan yang berasal dari kedelai ini juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting.

Tofu diketahui mengandung serat, lemak, mangan, kalsium, selenium, fosfor, dan tembaga. Nutrisi-nutrisi ini merupakan asupan yang sangat baik setelah olahraga lari.

3 dari 5 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari

  • Salmon

Salmon merupakan makanan yang kaya akan kandungan omega-3 dan protein yang berfungsi untuk memulihkan kesehatan tubuh setelah olahraga lari. Ditambah adanya kandungan vitamin D, ikan berlemak ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tulang.

  • Buah bit

Bit adalah buah rendah kalori, tetapi tinggi vitamin dan mineral. Buah berwarna ungu terang ini antara lain mengandung protein, serat, vitamin C, folat, vitamin B6, magnesium, kalium, dan fosfor.

Buah ini juga rendah kandungan lemak sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet. Kombinasi nutrisi tersebut tentu sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari

  • Semangka

Meski rendah kandungan serat (hanya 0,4 gr per 100 gram), semangka adalah sumber vitamin C yang baik. Selain itu, semangka juga kaya akan kandungan beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebut saja potasium, tembaga, vitamin B5, dan vitamin A.

Semangka juga kaya kalori dan citrulline yang dapat membantu mengurangi kelelahan setelah olahraga.

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kualitas tinggi yang sangat baik dikonsumsi setelah lari. Makanan dari gandum ini juga memiliki serat larut yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL yang buruk bagi tubuh.

Serat larut juga berfungsi memperlambat pencernaan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Oat menjadi sumber vitamin dan mineral seperti vitamin E, selenium, tembaga, besi dan magnesium. Anda dapat menyajikannya bersama potongan buah beri atau pisang.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari

  • Pisang

Pisang kaya akan kandungan kalium dan karbohidrat. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mencegah kaki kram setelah olahraga lari.

Satu buah pisang terdiri dari 110 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Satu hal lagi, pisang bebas lemak dan kolesterol, yang tentu baik untuk kesuksesan diet Anda.

  • Brokoli

Brokoli dapat disantap mentah atau matang. Brokoli mentah mengandung 90 persen air, 7 persen karbohidrat, 3 persen protein, dan tanpa kandungan lemak.

Vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari brokoli, antara lain vitamin K, kalsium, magnesium, zink, dan fosfor. Sayuran hijau ini juga mengandung kalori yang sangat rendah.

Kombinasi tersebut membuat brokoli baik untuk program penurunan berat badan dan menjaga kesehatan tulang.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 23/10/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer