Sukses


12 Manfaat Gula Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Brown sugar atau gula merah mulai dilirik sebagai pemanis alternatif. Gula merah memiliki rasa yang unik dan khas.

Di sisi lain, penambahan molases atau tetesan tebu pada gula merah jenis ini menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Sebab, komponen tersebut merupakan sumber potassium.

Selain itu, molases yang digunakan pada proses pembuatan gula merah juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin B.

Berkat kandungan zat gizi tersebut, gula merah jenis ini menyimpan beragam khasiat.

Berikut manfaat gula merah bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (20/1/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Gula Merah yang Jarang Diketahui

1. Mengurangi Nyeri Perut Saat Haid

Potassium yang terkandung pada gula merah dapat membantu otot rahim lebih rileks. Hal ini sangat bermanfaat bagi wanita karena mampu mengurangi kontraksi yang muncul ketika haid datang.

2. Meningkatkan Energi

Satu di antara khasiat gula merah adalah meningkatkan energi. Jika mengalami keluhan badan lemas dan tidak bertenaga, konsumsilah kopi atau teh yang dicampur gula merah dengan porsi yang disesuaikan.

3. Memperbaiki Sistem Saluran Cerna

Kandungan gula merah dapat membantu meringankan masalah pada saluran cerna, seperti konstipasi, diare, maupun nyeri perut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Gula Merah yang Jarang Diketahui

4. Antiseptik

Manfaat gula merah untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai antiseptik. Gula merah memiliki efek antiradang dan antimikroba sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

5. Mencegah Asma

Gula merah memiliki sifat antialergi. Manfaat ini dapat mencegah serangan asma berulang, batuk, pilek, dan bersin-bersin.

6. Mengurangi dan Mencegah Jerawat

Gula merah bisa digunakan sebagai masker ataupun dikonsumsi langsung. Tips ini akan mengurangi risiko kemunculan jerawat di wajah maupun tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Gula Merah yang Jarang Diketahui

7. Mencegah Anemia

Gula merah merupakan sumber zat besi. Konsumsi rutin gula merah pada porsi yang cukup dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) sehingga mampu mencegah anemia.

8. Mengeksfoliasi Kulit

Gula merah jenis brown sugar yang bertekstur menyerupai scrub dapat digunakan untuk proses eksfoliasi. Perawatan ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga terbebas dari kulit kusam maupun kasar.

9. Tinggi Mineral

Gula merah juga memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium.

Dengan mengonsumsi 1 sdt gula merah yang dicampur teh, dapat membantu memenuhi 20 persen kebutuhan zat besi dan kalsium.

5 dari 5 halaman

Manfaat Gula Merah yang Jarang Diketahui

10. Membantu Meredakan Flu

Manfaat makan gula merah juga berhubungan dengan flu. Ketika mengalami flu, konsumsi olahan minuman yang menggunakan jahe dan gula merah dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh.

11. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman setelah Melahirkan

Setelah melahirkan bayi, gula merah dapat membantu mempercepat pemulihan. Selain itu, gula merah dapat menghilangkan rasa kram selama kehamilan.

12. Membantu Mencukupi Nutrisi Anak

Makanan menggunakan gula merah dapat membantu meningkatkan nutrisi anak. Yang perlu diingat, tetap harus dibatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

Menurut American Heart Association (AHA), gula, baik putih ataupun merah, sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 100 kalori per hari untuk wanita dan 150 kalori per hari untuk pria.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 31/8/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer