Sukses


Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Ikan laut merupakan satu di antara makanan sehat dengan segudang manfaat. Ikan laut memiliki rasa khas dan lezat pastinya.

Dalam ikan laut mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain omega 3, masih ada vitamin, mineral, protein dan nutrisi penting lainnya.

Ikan laut mengandung omega 3 yang lebih tinggi daripada ikan tawar. Tingginya kandungan nutrisi yang ada membuat ikan laut baik untuk kesehatan.

Keunggulan ikan laut dibanding sumber protein lainnya adalah rendahnya kadar lemak di dalamnya. Bagi orang yang sedang diet, ikan laut bisa menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi asupan protein, atau sebagai pengganti daging merah.

Mungkin tak banyak yang tahu, mengonsumsi ikan laut memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Apa saja manfaat ikan laut bagi kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat ikan laut bagi kesehatan yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman dkpp.bulelengkab.go.id, Kamis (20/1/2022). 

2 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 40 ribu wanita menunjukkan, golongan yang lebih sedikit mengonsumsi ikan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan jantung jika dibandingkan yang mengonsumsi ikan minimal satu kali per minggu.

Dalam sebuah penelitian lain mengungkap bahwa mengonsumsi ikan yang kaya lemak omega-3 dapat menekan tingkat lemak dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

Membantu Pembentukan Otak

Ikan laut, seperti ikan salmon dan ikan lain yang kaya kandungan asam lemak omega-3, merupakan nutrisi penting untuk pembentukan otak anak. Sekitar 7 gram ikan salmon mengandung 1,5 gram asam lemak.

Penelitian juga menemukan, mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat meredakan gejala gangguan pemusatan perhatian, yaitu ADHD (attention deficit/hyperactivity disorder).

Perlu diketahui juga, fungsi otak bisa menurun seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi lebih banyak ikan laut mengalami penurunan fungsi otak lebih lambat.

4 dari 6 halaman

Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin D bisa dengan mudah diperoleh dari sinar matahari. Namun, ikan laut juga merupakan satu di antara sumber vitamin D yang dapat mendukung kesehatan tulang sekaligus mencegah penyakit lainnya.

Jadi, dengan mengonsumsi ikan laut, seperti ikan salmon sekitar 9 gram, dapat memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin harian.

5 dari 6 halaman

Mencegah Depresi setelah Melahirkan

Satu di antara jenis asam lemak omega-3 ialah DHA. Kandungan DHA tersebut diketahui dapat mencegah wanita mengalami depresi setelah melahirkan (postpartum depression).

Hanya, konsumsi DHA tersebut disarankan diperoleh langsung dari makanan, bukan dari suplemen. Ikan laut merupakan satu di antara sumber yang kaya kandungan DHA.

Namun, karena ikan laut mengandung merkuri tinggi maka untuk ibu hamil perlu membatasi konsumsi ikan.

6 dari 6 halaman

Memperbaiki Kulit dan Rambut

Diet rendah lemak seringkali memengaruhi kondisi kesehatan kulit dan rambut yang tampak kering. Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat.

Dalam sebuah penelitian menemukan adanya kemungkinan perbaikan kondisi kulit pada penderita psoriasis dengan mengonsumsi asam lemak tersebut.

 

Sumber: Web Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Buleleng

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer