Sukses


8 Cara Menangani Luka Bakar di Rumah dengan Cepat

Bola.com, Jakarta - Luka bakar merupakan cedera yang sering terjadi di rumah, penyebabnya bisa bermacam-macam dan bisa menimpa anak-anak maupun orang dewasa.

Luka bakar terjadi karena kerusakan satu atau lebih lapisan kulit yang disebabkan oleh kontak langsung dengan sumber panas, seperti api atau bahan kimia.

Pada umumnya luka bakar dapat sembuh dengan sendirinya, meski hal ini sangat dipengaruhi tingkatan seberapa parah luka bakar yang Anda alami.

Mengalami luka bakar yang cukup serius memerlukan penangan secara khusus agar luka tidak makin parah dan meninggalkan bekas pada permukaan kulit.

Bila Anda mengalami luka bakar di rumah, Anda perlu menanganinya dengan cepat sebelum membawa diri Anda ke dokter atau rumah sakit.

Berikut delapan cara menangani luka bakar di rumah dengan cepat, yang penting Anda ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (20/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Daftar Derajat Luka Bakar

Derajat luka bakar dibagi menjadi tiga kategori, dan dan setiap kategorinya dipengaruhi sebarapa luka bakar yang dialami. Berikut ini derajat-derajat luka bakar yang perlu Anda ketahui:

1. Luka bakar derajat I: Biasanya hanya mengenai permukaan kulit (lapisan epidermis). Ditandai rasa nyeri, kemerahan, bengkak, mengelupas, namun tidak ada kulit yang melepuh. Kulit umumnya tampak kering.

2. Luka bakar derajat II: Pada luka bakar ini ditemui kerusakan pada sebagian dermis (laipisan kulit yang lebih dalam) sehingga akan menimbulkan kemerahan, bengkak, dan kulit melepuh. Pada luka derajat II kulit tampak basah.

3. Luka bakar derajat III: Pada luka bakar derajat III, kerusakan yang terjadi lebih dalam lagi daripada derajat II. Tidak dijumpai adanya lepuh. Kulit yang terbakar berwarna abu-abu dan pucat. Tidak didapatkan rasa nyeri karena ujung-ujung saraf sudah mengalami kerusakan bahkan kematian.

3 dari 3 halaman

Cara Menangani Luka Bakar di Rumah dengan Cepat

Penanganan luka bakar bertujuan untuk mengurangi nyeri dan membantu proses penyembuhan luka. Cara ini bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi luka bakar:

1. Hentikan sumber luka bakar, misalnya jauhkan korban dari sumber api atau bahan kimia.

2. Alirkan air pada daerah yang luka selama minimal 20 menit (gunakan air biasa, jangan terlalu dingin atau terlalu panas). Hindari penggunaan air es atau es batu karena akan menyebabkan kerusakan jaringan. Tindakan mengalirkan air ini dilakukan untuk mengurangi nyeri dan bengkak.

3. Jika pakaian melekat/menempel pada kulit yang terbakar, jangan mencoba mencabut pakaian tersebut. Hal ini dapat menyebabkan tercabutnya kulit. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunting sekitar pakaian yang menempel pada kulit.

4. Jika terjadi lepuhan pada kulit, jangan dipecahkan.

5. Bersihkan luka menggunakan sabun antibakteri secara perlahan.

6. Keringkan luka dan tutup menggunakan kasa steril.

7. Jangan gunakan pasta gigi, mentega, atau cairan berminyak lainnya untuk menutupi luka karena dapat menyebabkan infeksi.

8. Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri, tentunya obat jenis ini mengurangri gejala nyeri yang terjadi karena luka bakar.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 5/10/2016)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer