Sukses


10 Penyebab Dada Sakit saat Batuk, Perlu Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Batuk merupakan suatu hal yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Batuk merupakan refleks alami yang diberikan oleh tubuh untuk menghalau benda asing memasuki saluran pernapasan.

Batuk yang terus-menerus terjadi juga bisa mengindikasikan bahwa ada gangguan yang dialami oleh sistem pernapasan Anda.

Saat frekuensi batuk menjadi lebih sering, Anda biasanya juga akan mengalami sakit atau nyeri pada dada. Hal ini cukup wajar karena refleks batuk secara langsung menekan saluran pernapasan dan paru-paru.

Meski terbilang wajar, Anda perlu waspada jika sakit pada dada saat batuk tidak tertahankan. Hal tersebut bisa saja mengindikasikan bahwa Anda mengalami penyakit serius.

Tidak hanya penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan dan paru-paru. Penyakit pada saluran pencernaan pun bisa membuat dada Anda terasa nyeri saat batuk.

Beirkut 10 penyebab dada sakit saat batuk, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (21/1/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Dada Sakit saat Batuk

1. Pneumonia

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan infeksi yang terjadi pada kantong udara di organ tersebut. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Pneumonia dapat meningkatkan produksi lendir di saluran pernapasan sehingga memicu batuk terus-menerus yang bisa disertai nyeri dada.

Gejala lain yang biasanya menyertai pneumonia adalah demam, meriang, nafsu makan menurun, gampang lelah, dan berkeringat.

2. Bronkitis 

Menurut National Health Service, bronkitis merupakan infeksi pada saluran udara utama paru-paru (bronkus) yang menyebabkan bagian tersebut meradang.

Bronkitis dapat menyebabkan serangan batuk berulang sehingga mencetuskan ketaknyamanan di dada. Hal tersebut dapat pula menyebabkan dada sakit saat batuk.

3. Pleuritis

Sakit dada saat batuk bisa terjadi akibat pleuritis. Merujuk Mayo Clinic, pleuritis adalah kondisi ketika pleura, dua lapisan besar jaringan tipis yang memisahkan paru-paru dari dinding dada, meradang.

Pleuritis menyebabkan nyeri terasa nyeri, bahkan saat pengidap bernapas. Oleh karena itu, penyakit ini sering membuat pengidapnya kesulitan untuk bernapas.

3 dari 4 halaman

Penyebab Dada Sakit saat Batuk

4. Flu 

Flu merupakan penyakit pernapasan menular, yang dapat menyebabkan gejala, seperti demam, nyeri otot, pilek, sakit kepala, dan mudah lelah.

Banyaknya produksi lendir saat flu dapat memicu batuk terus-menerus sehingga mencetuskan nyeri dada.

5. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK merupakan penyakit paru-paru kronis yang progresif. Beberapa penyakit yang termasuk PPOK, misalnya emfisema, bronkitis kronis, dan asma refrakter.

PPOK berkaitan dengan peradangan pada paru-paru, yang terjadi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, keluhan ini bisa menyebabkan rasa nyeri di dada saat batuk.

6. Asma 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa asma adalah penyakit saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan mengi, sesak napas, dan batuk pada malam hari.

Asma juga dapat menyebabkan produksi lendir berlebih di saluran pernapasan sehingga pengidapnya kesulitan bernapas. Dalam beberapa kasus, asma juga bisa menyebabkan batuk yang disertai nyeri dada.

4 dari 4 halaman

Penyebab Dada Sakit saat Batuk

7. Asam Lambung

Asam lambung merupakan masalah saluran pencernaan, yang terjadi ketika cairan atau gas dari lambung bergejolak dan naik ke arah kerongkongan.

Penyakit asam lambung bisa menyebabkan batuk dan sensasi menyerupai nyeri dada. Hal ini utamanya jika asam lambung sudah mengiritasi saluran cerna atas hingga ke tenggorokan.

8. Emboli Paru 

Mengutip dari Cleveland Clinic, emboli paru adalah pembekuan darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan batuk.

Pembekuan darah di paru-paru yang terjadi akibat kondisi tersebut akan terasa seperti serangan jantung. Akibat kondisi ini, pengidap juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami batuk berdarah.

9. Kanker Paru

Kanker paru juga bisa menjadi penyebab dada sakit saat batuk. Kondisi tersebut umumnya terjadi saat kanker telah memasuki stadium lanjutan.

Dalam kasus yang lebih parah, kanker paru bisa menyebabkan batuk berdarah. Kondisi ini mesti segera diatasi agar tak mengancam nyawa pengidapnya.

10. Lupus 

Kembali merujuk Mayo Clinic, lupus adalah jenis penyakit autoimun yang terjadi akibat sistem kekebalan menyerang jaringan dan organ sendiri yang sehat.

Peradangan yang disebabkan lupus dapat menyerang ginjal, persendian, kulit, jantung, otak, sel darah, serta paru-paru.

Radang akibat lupus juga bisa terjadi di saluran napas sehingga bisa muncul gejala batuk dan nyeri dada.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/10/2021)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer