Sukses


8 Cara Memanjangkan Rambut yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Hampir setiap wanita mengidamkan memiliki rambut yang panjang dan sehat tentunya. Namun, proses memanjangkan rambut perlu sedikit usaha supaya mendapatkan hasil yang diharapkan.

Terkadang saat memanjangkan rambut, menjumpai beberapa kendala, seperti rambut rontok, kering dan bercabang.

Kondisi tersebut cukup menghambat proses pertumbuhan rambut, bahkan rambut jadi harus terus dipotong karena banyaknya helai yang berguguran.

Hal ini tak jarang membuat Anda frustrasi. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa Anda praktikan.

Berikut ini cara memanjangkan rambut, yang dapat dilakukan dengan mudah, disadur dari Liputan6, Sabtu (22/1/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut

1. Hidrasi Tubuh

Cara memanjangkan rambut yang pertama dapat dilakukan adalah menjaga hidrasi tubuh. Cara ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Pertumbuhan rambut bergantung pada bagian tubuh lainnya untuk menjaganya tetap terhidrasi.

2. Penuhi Nutrisi

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang perlu dikonsumsi untuk sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami dalam satu minggu adalah makanan dengan biotin, vitamin A, C, D, dan E, seng, zat besi, serta omega-3 dan 6.

Makanan-makanan tersebut dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut

3. Konsumsi Protein

Cara memanjangkan rambut selanjutnya adalah mengonsumsi protein. Protein membantu rambut tumbuh dan melindunginya dari kerusakan kimia dan lingkungan. Anda bisa mendapatkan protein dari sayuran, kacang-kacangan, yoghurt, dan makanan lainnya.

4. Beri Pijatan

Pijatan pada kulit kepala membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Cara ini dapat memanjangkan rambut dan membantu meningkatkan kesehatan rambut. Cara ini juga dapat memobilisasi minyak dari kulit kepala yang memperkuat akar dan menjaga kelembapan rambut.

Pijat kulit kepala dengan stimulan seperti minyak kelapa meningkatkan kemungkinan rambut tumbuh panjang dan kuat.

4 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut

5. Masker Putih Telur

Putih telur menjadi satu di antara bahan masker untuk memanjangkan rambut. Telur memiliki kandungan yang baik untuk menyehatkan dan menebalkan rambut.

Untuk Anda yang ingin mencoba, siapkan putih telur lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih secukupnya.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C berfungsi efektif untuk menumbuhkan rambut. Cara memanjangkan rambut satu ini terbilang mudah dipraktikkan.

Belah jeruk menjadi dua bagian, kemudian oleskan irisan tersebut ke seluruh kulit kepala dan diamkan beberapa menit dan kemudian bilasi menggunakan air hingga bersih.

Lakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

5 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut

7. Teh Hijau

Teh hijau bisa menjadi bahan untuk memanjangkan rambut. Teh hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk perawatan rambut.

Teh hijau memiliki kandungan vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang berfungsi efektif menyuburkan rambut. Caranya, seduhan teh hijau dioleskan ke rambut, diamkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih.

8. Madu

Madu juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan rambut. Banyak produk sampo yang menggunakan madu sebagai bahan pembuatannya. Hal ini lantaran madu memiliki kandungan zat yang dapat memanjangkan rambut secara cepat.

Cara memanjangkan rambut dengan madu cukup mengoleskan madu keseluruh bagian rambut dan diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih secukupnya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 9/4/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer