Sukses


4 Manfaat Sehat dari Minum Kopi ala Italia

Bola.com, Jakarta - Minum kopi ala Italia, espreso, bisa mendatangkan banyak manfaat sehat. Bagi pencinta kopi, kopi pekat espreso bukan hal asing lagi.

Ya, metode pembuatan kopi ala Italia ini merupakan satu di antara kopi yang banyak dinikmati pencinta kopi, khususnya saat didera kesibukan. Pasalnya, hanya secangkir kecil espreso dipercaya bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan konsentrasi.

Di Italia, pada umumnya berbagai jenis kopi sudah disiapkan di dalam mesin kopi sebelum ada pesanan dari pelanggan. Pada waktu itu, satu-satunya kopi yang baru dibuat dari bahan mentahnya saat ada pesanan adalah kopi dengan metode espreso.

Di kedai kopi Italia, metode ini dilakukan dengan cara menghancurkan 5-7 gram biji kopi, lalu mencampurnya dengan air panas tekanan tinggi dalam waktu singkat, dan menghasilkan 30 mililiter kopi espreso yang diminum menggunakan cangkir porselen kecil.

Metode espreso juga bisa dilakukan di rumah menggunakan alat dari aluminium bernama moka pot. Air panas diletakkan di moka pot bagian bawah. Lalu kopi diletakkan di bagian atasnya. Kopi akan diuapi air melalui tekanan air mendidih, dan jadilah kopi yang kental dan beraroma kuat.

Dengan minum kopi ala Italia ini, peminumnya akan menikmati rasa dan efek kopi tanpa tambahan gula atau krimer yang dapat merugikan kesehatan.

Berikut manfaat sehat minum kopi ala Italia, disadur dari Klikdokter, Minggu (23/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Sehat dari Minum Kopi ala Italia

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

American Heart Association (AHA) telah melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta orang untuk mengetahui dampak kopi terhadap risiko penyakit jantung koroner.

Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi kopi sebanyak 300-450 mililiter per hari memiliki risiko penyakit jantung 10-20 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi.

Efek ini diduga terjadi karena kandungan phenolic, asam klorogenik, dan beberapa jenis mineral di dalam kopi.

2. Menurunkan Risiko Diabetes Melitus Tipe 2

Studi yang dipublikasikan oleh Diabetes Care dengan melibatkan lebih dari satu juta orang menunjukkan, kopi memiliki efek protektif terhadap diabetes melitus tipe 2.

Peminum kopi hitam tanpa gula dan krimer sebanyak 2-3 cangkir sehari memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami diabetes. Ini karena kopi dapat menyebabkan hormon insulin—hormon yang mengatur gula darah—menjadi lebih sensitif dan bekerja dengan lebih optimal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sehat dari Minum Kopi ala Italia

3. Menjaga Kesehatan Lever

Senyawa kimia di dalam kopi memiliki manfaat baik untuk regenerasi sel-sel hati. Bahkan untuk pengidap perlemakan hati (fatty liver), kebiasaan minum kopi bisa mencegah komplikasi jangka panjang berupa gagal hati.

4. Menurunkan Risiko Depresi

Sebuah studi yang dipublikasikan di "Australian & New Zealand Journal of Psychiatry" melaporkan, orang-orang yang rutin minum kopi 3-4 cangkir per hari memiliki risiko depresi 30-40 persen lebih rendah dibanding orang-orang yang tak punya kebiasaan ngopi.

Efek tersebut didapat karena kafein bekerja menstimulasi otak agar tak mudah jatuh dalam depresi.

Selain itu, zat asam klorogenik dalam kopi bermanfaat sebagai antiradang dan antioksidan. Efek ini secara tidak langsung juga memberi pengaruh baik bagi kesehatan mental.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/11/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer