Sukses


11 Manfaat Mengonsumsi Madu bagi Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Saat mengandung, ibu hamil harus lebih memperhatikan kondisi kesehatannya. Ia tidak hanya menjaga diri sendiri melainkan juga janin dalam kandungannya. Satu di antara caranya ialah dengan memperhatikan nutrisi yang masuk melalui makanan dan minuman.

Madu menjadi satu di antara asupan yang cocok dikonsumsi ibu hamil agar perkembangan janin dan kesehatan ibu terpelihara dengan baik.

Seperti diketahui, sejak dahulu manfaat madu telah banyak digunakan dalam kesehatan dan kecantikan.

Madu tersusun atas glukosa, fruktosa, dan air. Cairan yang berasal dari lebah ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein, zat besi, kalsium, asam askorbat, asam pantotenat, niacin, dan riboflavin.

Dengan kandungan-kandungan tersebut, mengonsumsi madu baik bagi ibu hamil. Bahkan para ahli meyakini bahwa madu dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan sepanjang kehamilan.

Apa saja manfaat mengonsumsi madu bagi ibu hamil? Berikut ini penjelasannya, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (24/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu bagi Ibu Hamil

1. Menjaga kesehatan ibu dan janin

Antioksidan yang kaya dalam madu akan meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil sekaligus membantu perkembangan janin.

2. Mengurangi keluhan mual (morning sickness)

Mual dan muntah umum dirasakan pada trimester pertama kehamilan akibat perubahan hormonal. Campuran madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel dapat membantu Anda mengurangi rasa mual.

3. Meredakan hidung tersumbat

Madu bermanfaat mengurangi hidung tersumbat, yang dapat sangat mengganggu saat hamil.

Campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

4. Mengurangi nyeri tenggorokan

Madu juga diketahui memiliki komponen antinyeri sehingga dapat mengurangi sakit tenggorokan.

Caranya, campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu bagi Ibu Hamil

5. Meredakan batuk secara alami

Obat-obatan yang dapat dikonsumsi saat hamil sangat terbatas. Madu merupakan satu di antara obat alami yang bisa tetap Anda konsumsi. 

Di dalam madu terdapat komponen antiperadangan dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan bahan alami, seperti jahe atau jeruk nipis, khasiat madu untuk ibu hamil makin baik dirasakan.

Untuk mengurangi batuk, campurkan 1 sdm madu ke dalam satu cangkir susu panas. Bisa juga dengan mencampurkan tumbukan bawang putih ke dalam madu.

Simpan di dalam toples setidaknya selama 24 jam, hingga tercampur dengan baik. Cukup konsumsi satu sendok makan campuran ini akan meredakan batuk.

6. Mengobati iritasi lambung

Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menekan usus dan lambung kerap membuat ibu hamil merasa begah. 

Tak jarang, lambung terasa perih, khususnya di trimester akhir kehamilan. 1 sdm madu dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketaknyamanan ini.

7. Mengatasi ketombe

Tidak hanya keluhan kulit di wajah atau di tubuh, hormon kehamilan bisa menyebabkan keluhan gatal dan ketomber di kulit kepala. 

Anda bisa memanfaatkan madu sebagai obat alami untuk membantu mengatasi keluhan ini. Cukup encerkan madu dengan air hangat, usap dan pijat lembut di kepala Anda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu bagi Ibu Hamil

8. Menjaga kesehatan kulit

Lantaran perubahan hormonal, tidak jarang kulit ibu hamil sering kali kusam, berjerawat, kemerahan, hingga muncul bintik hitam. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai masker alami yang membantu menjaga kesehatan kulit.

9. Menjaga pertambahan berat badan

Lantaran alami, madu tepat digunakan sebagai pemanis pengganti. Utamanya, bagi ibu hamil yang berat badannya sudah berlebih sebelum hamil.

10. Sebagai penambah energi

Pada masa kehamilan, terutama bagi Anda yang sudah memasuki trimester ketiga, akan mudah merasa lelah. Minum madu bisa menjadi pilihan penambah energi yang alami dan aman bagi ibu hamil.

Selain karena madu mengandung kalori yang cukup, madu bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Tak hanya segelas susu hangat yang bisa membantu Anda tertidur lelap, minum madu dicampur air hangat saat hamil juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/6/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer