Sukses


Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah Secara Mudah dan Efektif

Bola.com, Jakarta - Cara mengusir nyamuk dari rumah perlu Anda ketahui, terutama di musim penghujan seperti sekarang. Hal itu karena kehadiran nyamuk bisa berpotensi mengundang penyakit.

Tidak hanya bikin gatal dan bentol, gigitan nyamuk juga berpotensi menimbulkan penyakit seperti deman berdarah, malaria, chikungunya, dan lain-lain.

Di musim penghujan, kehadiran nyamuk rumah bisa meningkat seiring adanya genangan air yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak. 

Belum ada nyamuk yang suka bersarang di dalam rumah, seperti nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk penyebab demam berdarah ini diketahui lebih suka berkembang biak di air bersih, bukan di air kotor seperti genangan air, selokan, atau saluran air lainnya.

Anda juga perlu menyingkirkan tumpukan-tumpukan barang serta pakaian yang digantung untuk meminimalkan kehadiran nyamuk di rumah Anda.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, penting bagi Anda untuk menjauhkan nyamuk dari keluarga Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Berikut cara mengusir nyamuk dari rumah secara mudah dan efektif, dilansir dari Klikdokter, Senin (24/1/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah

1. Jangan ada genangan air

Bila Anda ada bak air di rumah, pastikan untuk menutup rapat bak tersebut jika sedang tidak dipakai untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya.

Pastikan juga benda-benda yang mungkin berisi air lainnya, misalnya kandang burung, pot tanaman, tempat penampungan air AC, dispenser, vas bunga, dan lain-lain.

Kosongkan wadah atau tutup rapat, serta rutin membersihkannya. Anda juga dianjurkan untuk menaburkan bubuk abate di penampungan air agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

2. Gunakan bahan alami

Anda bisa mengandalkan bahan alami untuk mengusir nyamuk, misalnya dengan menanam tanaman dengan aroma yang dibenci nyamuk. Contohnya serai wangi, lemon balm, lavendel, geranium, zodia, dan sebagainya. Bila tak ada, essential oil dengan bahan-bahan tersebut juga bisa digunakan.

3. Pasang kasa nyamuk

Pasang kasa nyamuk untuk menghalangi nyamuk masuk ke rumah. Kasa nyamuk dapat dipasang di tempat-tempat tertentu, seperti jendela, ventilasi, bagian bawah pintu rumah, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Cara Mengusir Nyamuk dari Rumah

4. Pakai alat pengusir nyamuk

Bila dirasa perlu, Anda bisa menggunakan obat pengusir nyamuk, baik bakar, semprot, maupun elektrik. Lantaran mengandung bahan kimia, gunakan dengan hati-hati. Jangan sampai terhirup berlebihan, apalagi yang menghirupnya adalah anak-anak.

Jika ingin disemprotkan ke kamar anak, pastikan anak tidak di dalamnya. Tunggu sekitar 30-60 menit sampai senyawa kimia dari obat nyamuk semprot hilang, baru buah hati Anda boleh masuk ke kamarnya.

5. Hindari tumpukan barang

Hindari menumpuk barang terlalu banyak pada satu tempat. Barang yang berserakan, menumpuk, dan sudah bekas biasanya juga menjadi sasaran empuk untuk nyamuk tinggal. Jadi selalu jaga rumah Anda tetap bersih agar tidak ada nyamuk yang berkembang biak.

6. Hindari menggantung baju

Tempat yang kerap luput adalah tumpukan pakaian atau pakaian yang digantung. Kebiasaan tersebut berisiko mengundang nyamuk berkembang biak. 

Nyamuk menyukai tumpukan atau kain yang menggantung, apalagi jika dalam kondisi kotor. Untuk itu, selalu letakan baju di dalam lemari dan segera cuci baju yang baru Anda pakai.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/11/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer