Sukses


5 Manfaat Makan sebelum Tidur yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Selama ini, banyak orang menganggap makan sebelum tidur adalah suatu hal yang buruk. Pasalnya, makan sebelum tidur dianggap bisa memicu penambahan berat badan.

Hal ini karena metabolisme tubuh yang melambat saat kita tidur sehingga menyebabkan kalori makanan akan disimpan sebagai lemak.

Kendati begitu, makan sebelum tidur tanpa disangka dapat memberikan beberapa manfaat. Namun, hal tersebut tergantung dari jenis makanan dan jarak makan dengan waktu tidur.

Dilansir dari Klikdokter.com, sebagian ahli menganggap makan sebelum tidur tidak akan menimbulkan dampak kesehatan apa pun.

Bahkan, makan sebelum waktu tidur disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi berat badan.

Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari makan sebelum tidur, mari menyimak poin-poin di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat makan sebelum tidur, yang jarang diketahui, disadur dariĀ Klikdokter, Selasa (25/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Makan sebelum Tidur

1. Mengurangi Keinginan Ngemil

Makan besar 1,5 jam sebelum waktu tidur dapat mengurangi keinginan untuk ngemil pada malam hari. Anda tidak akan terbangun tengah malam karena kelaparan. Makan sebelum waktu tidur juga bisa mengurangi porsi sarapan dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi semangkuk sereal 1,5 jam setelah makan malam, mengonsumsi 397 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Peneliti juga melaporkan, kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan peserta sebanyak 0,84 kg.

3 dari 4 halaman

Manfaat Makan sebelum Tidur

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Makan sebelum tidur bisa mencegah Anda terbangun di malam hari karena kelaparan. Lalu, ketika memiliki waktu tidur cukup, keesokan harinya Anda akan terhindar dari makan berlebihan dan ini menurunkan risiko peningkatan berat badan.

Maka itu, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan sehat di malam hari, terutama makanan yang bisa membuat Anda tertidur lelap.

4. Menstabilkan Gula Darah

Kondisi kadar gula darah rendah dapat mengganggu kualitas tidur seseorang di malam hari. Satu di antara cara mengatasi kadar gula darah rendah di malam hari adalah makan sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan dapat membuat tidur lebih nyenyak dan kadar gula darah pun menjadi stabil saat bangun pagi nanti.

4 dari 4 halaman

Manfaat Makan sebelum Tidur

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari makan sebelum tidur adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Anda bisa mencoba minum teh chamomile sebelum tidur.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan flavonoid di dalam teh chamomile juga bisa mengurangi rasa cemas dan depresi, serta memperbaiki kesehatan kulit. Selain itu, teh chamomile mampu memperbaiki kualitas tidur.

Ā 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/1/2021).

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer