Sukses


3 Manfaat Menyikat Gigi sebelum Tidur yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari bisa diibaratkan sudah menjadi norma dan hal ini bukan tanpa sebab. Hanya, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari kerap diacuhkan oleh sebagian orang, apalagi pada malam hari.

Padahal, menyikat gigi pada malam hari adalah satu di antara ritual harian penting yang tidak boleh Anda abaikan.

Menyikat gigi di malam hari sangat penting karena mulut menghasilkan lebih sedikit air liur ketika kita tidur.

Dalam kondisi ini, kuman dan bakteri memiliki lingkungan yang sempurna untuk berkembang lebih cepat dan mengubah sisa makanan menjadi asam. Pada akhirnya bisa menyebabkan gigi berlubang.

Apakah Anda termasuk orang yang malas menyikat gigi sebelum tidur? Mulai sekarang, Anda perlu mengubah kebiasaan tersebut karena menyikat gigi sebelum tidur memiliki segudang manfaat.

Kira-kira apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggosok gigi sebelum tidur?

Berikut ini manfaat menyikat gigi sebelum tidur, disadur dari Liputan6, Selasa (25/1/2022).

2 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan Paru-Paru

Manfaat pertama adalah mampu menjaga kesehatan paru-paru. Bagian mulut mengandung bakteri yang bisa berdampak buruk jika berkembang biak, membentuk plak, dan masalah lainnya.

Jika dibiarkan, bakteri ini dapat menyebabkan masalah besar yang berdampak lebih dari sekadar merusak gusi pelindung. Selain itu, bakteri berbahaya yang bersarang di gigi dan mulut bisa terhirup pada saluran pernapasan bagian bawah dan menyebabkan infeksi.

3 dari 4 halaman

Terhindar dari Penyakit Gusi

Saat menyikat gigi pada malam hari, Anda akan terhindar dari penyakit gusi. Penyakit itu adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak kalsifikasi.

Peradangan di gusi disebut gingivitis, yang menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan lunak, dan berdarah saat Anda menyikat atau membersihkan gigi.

4 dari 4 halaman

Terhindar dari Bau Mulut

Saat malam hari Anda akan tidur, jika tidak menggosok gigi sebelum tidur, kuman akan berkembang dan menyebabkan mulut mengeluarkan bau tak sedap.

Tidak hanya itu, sisa makanan yang ada di mulut bisa membuat menyebabkan gigi berlubang. Maka itu, dianjurkan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Hal itu untuk menjaga gigi dan mulut ketika Anda terlelap.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Reza. Published: 14/6/2021)

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer